PERANAN SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PEREKONOMIAN KALIMANTAN BARAT (ANALISIS INPUT-OUTPUT

NOOR IQBAL B1011131027

Abstract


ABSTRAK

    

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  peranan sektor pertanian di Provinsi Kalimantan Barat dalam pembentukan struktur permintaan dan penawaran, ekspor dan impor, output, tenaga kerja dan nilai tambah bruto dan untuk menganalisis keterkaitan ke depan dan ke belakang, serta angka pengganda pendapatan, tenaga kerja, dan nilai tambah bruto dengan metode analisis input-output.

            Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan data sekunder tabel input-output Provinsi Kalimantan Barat tahun 2010 yang bersumber dari BPS. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis input output dengan menggunakan Tabel Input Output atas dasar harga produsen Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2010 dengan 28 sektor produksi. Penggunaan Tabel Input Output ini untuk mengetahui kontribusi sektor pertanian dalam perekonomian Provinsi Kalimantan Barat.

            Hasil analisis menunjukan sektor pertanian memiliki struktur output, tenaga kerja dan nilai tambah bruto terbesar di Provinsi Kalimantan Barat. Sektor pertanian yang memiliki angka keterkaitan ke belakang terbesar adalah sub sektor kayu (1,94437), keterkaitan ke depan tertinggi adalah sub sektor padi (1,65020). Sektor pertanian memiliki angka pengganda tenaga kerja sebesar 0,06177. Sektor pertanian yang memiliki nilai pengganda pendapatan rumah tangga tertinggi adalah sub sektor padi dengan nilai 0,55819.

 

 

Kata Kunci : Peran Sektor Pertanian, Analisis Input-Ouput, Keterkaitan ke Belakang dan ke Depan, Pengganda Tenaga Kerja, Pengganda Pendapatan Rumah Tangga.

 


 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.