Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Bidang Pendidikan, Kesehatan Dan Pendapatan Perkapita Terhadap Indeks Pembangunna Manusia Kabupaten / Kota Di Provinsi Kalimantan Barat

Syarifah Selvi Ersa Destari B1011131120

Abstract


Pembangunan merupakan salah satu proses yang dilakukan oleh pemerintah dengan menerapkan kebijakan-kebijakan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, kesehatan dan pendapatan perkapita terhadap indeks pembangunan manusia (IPM) pada kabupaten / kota di Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data dianalisis menggunakan model regresi linier berganda dengan model  Common Effect Weight. Sumber data diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan Daerah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengeluaran pemerintah bidang pendidikan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap indeks pembangunan manusia pada kabupaten / kota di Provinsi Kalimantan Barat  sedangkan pengeluaran pemerintah bidang kesehatan dan pendapatan perkapita berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia pada kabupaten / kota di Provinsi Kalimantan Barat.

Kata Kunci: Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pengeluaran Pemerintah Bidang Pendidikan, Pengeluaran Pemerintah Bidang Kesehatan, Pendapatan Perkapita. 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.