PENGARUH PERTUMBUHAN SEKOR PERTANIAN, SEKTOR INDUSTRI, DAN SEKTOR PERDAGANGAN TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KALIMANTAN BARAT

I Nyoman Riski Sidi Rastu B1011131023 Rastu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan sektor pertanian, sektor industri, dan sektor perdagangan terhadap penyerapan tenaga kerja di Kalimantan Barat, serta mengetahui apakah hasil penelitian ini sama atau berbeda dengan penelitian sejenis yang dilakukan sebelumnya.

Data yang dikumpulkan pada penelitian ini merupakan data sekunder dengan uji statistik menggunakan regresi linear berganda. Data yang diambil selama 30 tahun terhitung dari tahun 1985-2015 yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS). Hasil penelitian menunjukan bahwa pertumbuhan sektor pertanian berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja dengan koefisien -0,161893 dan nilai probabilitas sebesar 0,8726. Pertumbuhan sektor industri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja dengan koefisien -4,287901 dan nilai probabilitas sebesar 0,0002. Pertumbuhan sektor perdagangan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja dengan koefisien 1,485278 dan nilai probabilitas sebesar 0,1491.

Penelitian ini menunjukkan bahwa, produktivitas sektor pertanian mengalami peningkatan, tetapi hal tersebut berhubungan negatif dengan penyerapan tenaga kerja karena mulai digunakannya teknologi dalam sektor pertanian, sehingga lebih efisiennya penggunaan tenaga kerja.

 

Kata kunci: Pertumbuhan Sektor Pertanian, Industri, Perdagangan, Penyerapan Tenaga Kerja


Refbacks

  • There are currently no refbacks.