PENGARUH PERKEMBANGAN USAHA SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) BERBASIS SIMPAN PINJAM PEREMPUAN DI KECAMATAN SUTI SEMARANG

DICKY PRIANA B21111033

Abstract


Skripsi ini berjudul Pengaruh Perkembangan Usaha Sebelum dan sesudah adanya Program Nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Berbasis Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di Kecamatan Suti Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui dan menganalisis perkembangan dari usaha masyarakat sebelum dan sesudah adanya PNPM dalam kegiatan simpan pinjam perempuan..

Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dan kusioner langsung dengan masyarakat dan lembaga yang terkait di Kecamatan Suti Semarang Kabupaten Bengkayang dan data sekunder yang diperoleh dari profil Desa di Kecamatan Suti Semarang Kabupaten Bengkayang dan dana yang dikeluarkan dalam program PNPM-MP ini serta jumlah penduduk yang ada di Kecamatan Suti Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya dana PNPM berbasis SPP ini berdampak positif dan berpengaruh  signifikan terhadap perkembangan usaha. Artinya semakin besar modal yang diberikan dana SPP semakin besar pula kenaikkan akan perkembangan usaha.

 

Kata Kunci : Perkembangan Usaha, Simpan Pinjam Perempuan (modal)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.