Analisis Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Pendapatan Pedagang dan Jumlah Pengunjung (Studi Kasus: Pasar Puring dan Pasar Teratai Kota Pontianak)

Cyntia Dwi Anggreni B1011131066

Abstract


Pada dasarnya pasar tradisional merupakan sebuah karakteristik dari suatu negara berkembang yang dapat dilihat dari tingkat pendapatan dan perekonomian masyrakat yang tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu pemerintah mengambil suatu kebijakan untuk mengadakan revitalisasi terhadap pasar tradisional tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak revitalisasi pasar terhadap pendapatan pedagang dan jumlah pengunjung yang berbelanja pada pasar tradisional yang sudah direvitalisasi yaitu pasar Puring dan pasar Teratai.

Penelitian ini menggunakan data primer yaitu melalui cara observasi, metode angket dan wawancara dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang terdiri dari 50 responden pedagang di pasar Puring dan 50 responden pedagang di pasar Teratai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya dampak positif pasar tradisional yang telah direvitalisasi terhadap jumlah pengunjung, tetapi adanya dampak negatif terhadap pendapatan pedagang, karena banyaknya pesaing pada pasar tradisional yang sudah direvitalisasi jika dibandingkan sebelum pasar tradisional tersebut direvitalsasi.

 

Kata kunci: Revitalisasi, Pasar Tradisional, Jumlah Pengunjung, dan Pendapatan Pedagang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.