ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHA TERNAK AYAM RAS PEDAGING DI KABUPATEN KUBU RAYA

FREDY B01111080 NATA INDRA

Abstract


ABSTRAK

 

Salah satu komoditas perternakan yang memiliki potensi yang cukup tinggi di Indonesia adalah perternakan ayam potong (ras). Hal ini dikarenakan daging ayam cenderung lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena harga daging ayam per kilogramnya lebih murah dari pada harga daging sapi. kerbau atau daging kambing. Selain itu daging ayam sangat mudah didapatkan karena saluran distribusinya hingga ke tinggkat pengecer yang langsung menyalurkan kepada konsumen.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bibit, pakan, vitamin dan obat, tenaga kerja dan bahan bakar terhadap produksi ayam ras pedanging di Kabupaten Kubu Raya. Estimasi fungsi produksi menggunakan analisis regresi liniear berganda dalam logaritma. Data yang di dapat diolah menggunakan program eviews 6. Sebanyak 100 responden dipilih sebagai sampel penelitian yang ditentukan secara acak dengan menggunakan rumus slovin diantara 17.901 peternak ayam broiler di Kabupaten Kubu Raya.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan berbagai variabel independen yang meliputi bibit, pakan, vitamin dan obat, tenaga kerja dan bahan bakar berpengaruh positif terhadap produksi. Adapun besar pengaruh dari faktor-faktor tersebut yaitu sebesar 90,87 % berarti faktor-faktor lainnya berpengaruh sangat kecil yaitu sebesar 9,13 %.

 

Kata kunci :Kubu Raya, Produksi, Bibit, Pakan, Vitamin Dan Obat, Tenaga Kerja, Bahan Bakar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.