PENGARUH INFLASI, INVESTASI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP PENGANGGURAN DI KABUPATEN / KOTA DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT TAHUN 2010-2014

JULIHARDI B21109058

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Inflasi, Investasi Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Pengangguran di Kabupaten/ Kota di Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2010-2014. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Model yang digunakan dalam penelitian adalah model regresi linier berganda dan uji statistik.

Dari hasil analisis yang telah dilakukan oleh penulis diperoleh nilai konstanta sebesar 2,034135. Nilai koefisien Adjusted R-Square (R2) sebesar 0,833197 atau 83,32%  yang menunjukkan bahwa kemampuan kontribusi atau sumbangan inflasi, investasi dalam negeri dan investasi luar negeri serta pertumbuhan ekonomi terhadap pengangguran di Kalimantan Barat, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel ini.

Hasil perhitungan dan analisis data, maka dapat di jelaskan dari keempat variabel terdapat 1 variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu investasi dalam negeri, sedangkan tiga variabel lainnya berupa inflasi, investasi luar negeri dan pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh terhadap pengangguran di Kabupaten / Kota di Provinsi Kalimantan Barat pada periode 2010-2014.

 

Kata Kunci: Inflasi, Investasi, Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran


Refbacks

  • There are currently no refbacks.