DAYA SAING DALAM PENERIMAAN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN 2013 dan 2014

Hambali B21111050

Abstract


Pegawai negeri sipil merupakan sumber daya yang paling penting dalam organisasi ataupun pemerintahan. Pegawai negeri sipil juga berperan penting dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja yang lain. Tenaga kerja yang berkualitas memiliki kekuatan untuk berusaha menjadi unggul yang dilakukan seseorang/institusi di pasar persaingan yang menawarkan produk atau jasa-jasa yang sama, dimana kelompok/institusi memiliki kemampuan, kinerja, talenta, atau prestasi untuk menunjukan hasil lebih baik, lebih cepat atau lebih bermakna dari seseorang/institusi lain. Pegawai  sebagai  sumber  daya aparatur  memiliki  posisi  yang  sangat strategis  dalam  penyelenggaraan pemerintahan  dan  pembangunan.

Dalam penelitian ini analisis di bagi atas tiga bagian, yaitu kualifikasi pendidikan, kualifikasi keterampilan dan faktor-faktor lain. Analisi kualifikasi pendidikan yang meliputi asal Universitas Negeri/swasta, asal Fakultas, Indeks Prestasi Kumulatif dan tahun kelulusan menetukan dalam penerimaan PNS di Kab. Kapuas Hulu. Ananlisi kualifikasi keterampilan yang meliputi prestasi seni/olahraga yang di peroleh, pengalaman organisasi dan toefl juga menentukan dalam penerimaan PNS di Kab. Kabpuas Hulu dan faktor-faktor lain yang meliputi berapa kali ikut tes dan putra Daerah juga menentukan dalam penerimaan PNS di Kab. Kapuas Hulu. Analisis kualifikasi pendidikan dilakukan dengan menggunakan  teknik ukuran, yaitu ukuran asal universitas Negeri/ swasta, fakultas, indeks prestasi kumulatif dan tahun kelulusan. Analisis kualifikasi keterampilan dilakukan dengam menggunkan teknik ukuran, yaitu ukuran PrestasiSeni/ olahraga yang diperoleh,  Pengalaman organisasi, Toefl/ tes bahasa Inggris. Analisis  faktor-faktor lain menggunakan teknik ukuran, yaitu ukuran Berapa kali ikut tes dan Putra Daerah. Untuk mendukung analisis ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh pencatatan yang dilakukan Badan Kepegawaian Pemda Kab. Kapuas Hulu (BKD) dan Badan Pusat Statistik (BPS).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualifikasi pendidikan, kualifikasi keterampilan dan faktor-faktor lain mempunyai pengaruh yang penting terhadap penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Kapuas Hulu.

Kata Kunci Daya Saing, Pegawai Negeri Sipil, Kab. Kapuas Hulu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.