Pengaruh Tingkat Pendidikan, Jumlah Tanggungan dan Jenis Pekerjaan Terhadap Pendapatan Keluarga Miskin di Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya

Ibnu Aprilia Indarsyah B01112050

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, jumlah tanggungan, dan jenis pekerjaan terhadap pendapatan keluarga miskin di Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data silang tempat atau cross section. Teknik analisis yang digunakan di dalam peneltian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan eviews 8.1 sebagai program olahan data. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan jumlah kepala keluarga.
Hasil dari pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan keluarga miskin dengan tingkat signifikansi 0,0000 < 0,05. Variabel jumlah tanggungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan keluarga miskin, dengan tingkat signifikansi 0,0013 < 0,05. Variabel jenis pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan keluarga miskin dengan tingkat signifikansi 0,0003 < 0,05.
Kata kunci : Tingkat Pendidikan, Jumlah Tanggungan, dan Jenis Pekerjaan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.