Analisis Pengaruh Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kemiskinan di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2010-2014

TRIYANI B21112063

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kemiskinan di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2010 sampai 2014”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh tingkat upah minimum kabupaten/kotaterhadap tingkat pertumbuhan ekonomi dan tingkat kemiskinan di kabupaten/kota provinsi kalimantan barat baik secara parsial.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriftif dengan menggunakan data panel (cross section dan time series) dengan pendekatan fixed effect model. Observasi data sebanyak 70 data pada 14 kabupaten/kota provinsi kalimantan barat selama periode 2010 sampai 2014.

Berdasarkan hasil analisis secara parsial, ditemukan bahwa upah minimum kabupaten/kota berpengaruh tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten/kota provinsi kalimantan barat tahun 2010 sampai 2014 dan upah minimum kabupaten/kota berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan di kabupaten/kota provinsi kalimantan barat tahun 2010 sampai 2014.

 

Kata kunci:pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, dan upah minimum


Refbacks

  • There are currently no refbacks.