PENGARUH JUMLAH SIMPANAN ANGGOTA DAN JUMLAH DANA YANG DISALURKAN TERHADAP PENDAPATAN ANGGOTA CU SEMARONG KANTOR PELAYANAN UTAMA LANDAK

DEONI SIRIA B21112004

Abstract


Kredit Union Semarong Kantor Pelayanan Utama Landak selama ini anggotanya telah melakukan unit simpanan dan pinjaman. Dari hasil pendapatan mereka diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap pencapaian tujuan Kredit Union dalam mensejahteraankan anggotanya. tujuan penelitian ini Untuk mengetahui apakah ada pengaruh jumlah simpanan anggota dan jumlah dana yang disalurkan terhadap pendapatan anggota pada CU Semarong Kantor Pelayanan Utama Landak. Populasi penelitian adalah anggota CU Semarong Kantor Pelayanan Utama Landak yang berjumlah 63.208 anggota. Sampel penelitian adalah berjumlah 60 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sumber data yang dipergunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data: dengan menggunakan kuisoner. Teknik analisis yang digunakan regresi berganda.

Hasil analisis Eviews-6 menunjukkan bahwa. 1. Jumlah simpanan  berpengaruh negatif dan jumlah dana yang disalurkan berpengaruh positif terhadap pendapatan anggota, dari hasil koefisien regresi yang didapat menunjukkan jumlah dana yang disalurkan pengaruh terbesar yang mempengaruhi pendapatan anggota. 2. Pengujian hipotesis secara simultan dari variabel independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap pendapatan anggota Credit Union Semarong Kantor Pelayanan Utama Landak dan diinterpretasikan seabagai pengaruh yang positif. 3. Pengujian hipotesis secara parsial dari variabel independen menujukkan bahwa variabel jumlah simpanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan sedangkan  jumlah dana yang disalurkan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pendapatan anggota Credit Union Semarong Kantor Pelayanan Utama Landak.

 

Kata Kunci : Jumlah Simpanan Anggota, Jumlah Dana Yang Disalurkan, Pendapatan    Anggota


Refbacks

  • There are currently no refbacks.