ANALISIS KONTRIBUSI DAN TINGKAT EFEKTIVITAS SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA PENDAPATAN DAERAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Maria Lena Levi B21112038

Abstract


Skripsi ini berjudul “Analisis Kontribusi Dan Tingkat Efektivitas Sumber Pendapatan Asli Daerah Pada Pendapatan Daerah  Provinsi Kalimantan Barat Tahun 1994 Sampai Dengan 2014. Dengan Tujuan 1.untuk mengetahui besarnya kontribusi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada Pendapatan Daerah  Provinsi Kalimantan Barat Tahun 1994 sampai dengan 2014. 2. Untuk mengetahui besarnya Efektevitas sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Penelitaian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif, dari data time series (antar waktu) dengan mengunakan Analisis Rasio Kontribusi dan Analisis  Rasio Tingkat Efektivitas.

Hasil dari pembahasan menyimpulkan Rasio Kontribusi yang disumbangkan dari sumber Pendapatan Asli Daerah yang paling besar atau tinggi adalah Pajak Daerah sebesar 25,01% terhadap Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan  Barat dari tahun 1994 sampai dengan 2014.  Dan Rasio Tingkat Efektivitas dari sumber Pendapatan Asli Daerah yang paling besar atau tinggi adalah Retribusi Daerah sebesar 111,4% terhadap Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat dari tahun 1994 sampai dengan 2014.

 

Kata Kunci : Pendapatan Asli Daerah, Pajak Daerah,Retribusi Daerah, Hasil Pengelolahan Kekeyaan Daerah Yang Dipisahkan,Lain-Lain Pendapatan Asli Daerah Yang Sah , Pendapatan Daerah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.