STRATEGI PRODUKSI KOMODITI LIDAH BUAYA DI KECAMATAN PONTIANAK UTARA MELALUI ANALISIS SWOT

YEREMIA B21112060

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan judul “Strategi Produksi Komoditi Lidah Buaya Di Kecamatan Pontianak Utara Melalui Analisis SWOT”. Dengan Tujuan untuk mengetahui dan menganalisis SWOT pada usaha produksi lidah buaya di Kecamatan Pontianak Utara.

Penelitian dilakukan dengan menggunakanmetodepenelitianDeskriptif, dengan mengambil sampel penelitian sebanyak 57 responden dari populasi penelitian yaitu produsen dan pelanggan atau konsumen produk lidah buaya yang ada di kota Pontianak, dengan menggunakan analisis SWOT.

Hasil dari penelitian ini adalah pertama: Strategi SO menjaga kualitas produk dengan menggunakan lidah buaya pilihan dan memperluas pangsa pasar,kedua : Strategi WO melakukan inovasi produk lidah buaya dan kemudian melakukan pemasaran produk lidah buaya melalui media cetak maupun internet, ketiga : Strategi ST Meningkatkan kualitas produk lidah buaya agar produk mampu bersaing dan tetap dikenal oleh konsumen agar kepuasan konsumen dapat tercapai, keempat : Strategi WT menerapkan harga yang bersaing dan memproduksi olahan lidah buaya tanpa menggunakan bahan pengawet, dan yang kelima : prospek bisnis lidah buaya sangat menjanjikan karena bahan baku lidah buaya mudah didapat dan adanya kesempatan membuat produk olahan baru yang berbahan dasar lidah buaya. Kemajuan teknologi mempermudah dalam proses pemasaran produk untuk lebih dikenal masyarakat luas.

 

Kata Kunci : strategi produksi, analisis SWOT


Refbacks

  • There are currently no refbacks.