PENGARUH KREDIT (KREDIT MODAL KERJA, KREDIT INVESTASI DAN KREDIT KONSUMSI) TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Chollifah B21108062

Abstract


Choliffah, 2012, Skripsi berjudul Pengaruh Kredit (Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi, dan Kredit Konsumsi) terhadap Produk Domestik Regional Bruto Provinsi Kalimantan Barat. Masalah umum dalam penelitian ini adalah apakah kredit berpengaruh terhadap PDRB. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini secara umum adalah pengaruh kredit terhadap PDRB. Manfaat penelitian ini untuk mengembangkan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang kredit di Provinsi Kalimantan Barat yang meliputi kredit modal kerja, kredit investasi dan kredit konsumsi, yang mempengaruhi produk domestik bruto (PDRB). Khususnya bagi bank-bank penyalur agar dapat meningkatkan kredit untuk meningkatkan PDRB Provinsi Kalimantan Barat. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode penelitian menggunakan metode dokumenter, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) Secara parsial kredit modal kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produk domestik regional bruto. (2) Secara parsial kredit investasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produk domestik regional bruto. (3) Secara parsial kredit konsumsi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produk domestik regional bruto.

Sedangkan saran dalam penelitian ini; (1) Pelaku ekonomi hendaknya dapat mempertahankan pertumbuhan kredit modal kerja yang ada di Provinsi Kalimantan Barat agar Produk Domestik Regional Bruto juga meningkat. (2) Pelaku ekonomi hendaknya dapat meningkatkan pertumbuhan kredit investasi yang ada di Provinsi Kalimantan Barat agar Produk Domestik Regional Bruto juga meningkat. (3) Masyarakat hendaknya dapat meningkatkan pertumbuhan kredit konsumsi yang ada di Provinsi Kalimantan Barat agar Produk Domestik Regional Bruto juga meningkat. (4) Bagi peneliti lain yang hendak melakukan penelitian sejenis hendaknya menggunakan variabel yang lebih luas sehingga diperoleh informasi yang lebih lengkap tentang faktor-faktor yang menentukan kredit sebagai dasar penentuan kebijakan pihak terkait dalam pengelolaan bidang ekonomi.

Kata Kunci: Produk Domestik Regional Bruto. Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi, dan Kredit Konsumsi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.