ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA POLA KEDATANGAN BERKELOMPOK DI KAFE

Dandi Wahyudi, Yundari Yundari, Hendra Perdana

Abstract


Antrian yang terlalu lama untuk memperoleh giliran pelayanan akan merugikan pelanggan maupun pengelola tempat pelayanan, akibatnya jika pelanggan tidak sabar maka pengelola akan kehilangan pelanggan. Hal ini dapat terjadi pada Kafe XYZ yang terletak di Jalan Parit H. Husin II yang ramai didatangi oleh masyarakat, terutama dikalangan muda. Maka dari itu, perlu dilakukan analisis sistem antrian yang diharapkan mampu mengurangi antrian dan peningkatan mutu pelayanan. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh melalui pengamatan dan pencatatan langsung. Penelitian dilakukan selama empat hari yaitu Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu dengan lama waktu yang digunakan selama 1 jam 30 menit dari pukul 16.00-17.30. Rata-rata ukuran kelompok tertinggi terjadi pada hari kamis sebesar 3,35 kelompok dan terendah pada hari Minggu sebesar 2,91 kelompok. Berdasarkan pengujian distribusi waktu antar kedatangan pelanggan secara berkelompok dan waktu pelayanan, didapatkan model antrian pada kasir adalah  pada hari Selasa dan Kamis serta  pada hari Sabtu dan Minggu. Karakteristik antrian pada hari Selasa merupakan yang paling terkecil, dengan total lama waktu penelitian diperkirakan kasir mengalami kesibukan melayani pelanggan mencapai 67,2% dan sebanyak 5 kelompok pelanggan yang mengantri serta rata-rata waktu mengantri selama 34 detik. Pelayanan kasir (server) pada hari Minggu mengalami kesibukan maksimal dengan peluang server sibuknya mencapai 120,4% dan yang mengantri sebanyak 11 kelompok pelanggan dengan rata-rata mengantri selama 8 menit 5 detik.

 

Kata Kunci : Antrian, pelanggan, pelayanan, waktu tunggu.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/bbimst.v11i5.60750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.