ANALISIS KUALITAS MARKETPLACE BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA (Studi Kasus : Waroengkite.id Kota Pontianak)
Abstract
Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian. Bertambahnya pelaku UMKM di Kota Pontianak menjadikan persaingan antar UMKM semakin ketat sehingga dituntut untuk dapat bertahan seiring berkembangnya teknologi agar mampu bersaing. Waroengkite.id merupakan marketplace yang dihadirkan oleh pemerintah Kota Pontianak untuk meningkatkan kemajuan UMKM. Peningkatan kualitas dari marketplace ini dapat meningkatkan kepuasan konsumen sehingga banyak pula pelaku UMKM yang ikut bergabung dan terus mengembangkan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas dari marketplace Waroengkite.id. Langkah awal yang dilakukan dalam penelitian yaitu menghitung jumlah sampel dengan metode Linier Time Function, diperoleh 80 sampel. Dilanjutkan dengan penyusunan kuesioner menggunakan metode Webqual 4.0. Kemudian dilanjutkan dengan penyebaran kuesioner dan uji instrumen, jika data sudah dikatakan valid dan reliable dilanjutkan dengan analisis menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA) dan Indeks Potential Gain in Customer Values (PGCV). Berdasarkan hasil analisis, diperoleh berdasarkan nilai CSI sebesar 73,84% yang menunjukkan secara keseluruhan pengguna sudah merasa “puas”. Kuadran IPA diperoleh enam atribut yang kualitasnya harus dipertahankan dan terdapat 11 atribut yang kualitasnya harus diperbaiki. Berdasarkan Indeks PGCV, atribut yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan adalah pengguna merasa aman ketika melakukan transaksi di marketplace Waroengkite.id.
Kata Kunci : Webqual 4.0, CSI, IPA,Indeks PGCV, kualitas.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/bbimst.v11i5.59895
Refbacks
- There are currently no refbacks.