Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir Sebagai Akuntan Publik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Akuntansi Universitas Tanjungpura Pontianak)

Fifi Chairunnisa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan publik. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir sebagai akuntan publik diukur dengan variabel nilai intrinsik pekerjaan, penghasilan, pertimbangan pasar kerja dan lingkungan kerja.

Sampel yang digunakan adalah 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS versi 20.

Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah penghasilan berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa untuk menjadi akuntan publik. Variabel nilai intrinsik pekerjaan, pertimbangan pasar kerja dan lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa untuk menjadi akuntan publik.

Kata kunci: Pemilihan karir sebagai akuntan publik, nilai intrinsik pekerjaan, penghasilan, pertimbangan pasar kerja, lingkungan kerja

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jaakfe.v3i2.9007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)