Analisis Pengukuran Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Metode Economic Value Added dan Market Value Added (Studi Kasus Pada Perusahan Kosmetik yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2008 – 2010)

Dea Amalia

Abstract


Dalam menghadapi  persaingan yang  semakin  kompetitif,  para  manajemen  dituntut  dalam  meningkatkan  kinerja perusahaan  sehingga  dapat  lebih menarik minat  para  investor. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara hasil perhitungan laba menurut Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) jika dibandingkan dengan laba menurut akuntansi pada perusahaan dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya nilai Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan objek penelitian perusahaan kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari ke tiga perusahaaan kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yaitu PT Mustika Ratu Tbk, PT Mandom Indonesia Tbk, dan PT Unilever Indonesia Tbk menghasilkan EVA dan MVA yang bernilai positif. Nilai EVA dan MVA yang positif mencerminkan bahwa perusahaan telah mampu menghasilkan tingkat pengembalian yang melebihi tingkat modal para penyandang dana. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia memiliki kinerja keuangan yang baik.

Kata kunci: Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), kinerja keuangan, laba akuntansi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jaakfe.v1i1.8987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Indexed by:

   


Published By:

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi*, Universitas Tanjungpura

*now Fakultas Ekonomi dan Bisnis