URGENSI ANGGARAN KAS DALAM MEWUJUDKAN PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) YANG EFISIEN PADA BAGIAN PEREKONOMIAN DAN ADMINISTRASI PEMBANGUNAN

Denari Dhahana Edtiyarsih, Nilufarul Izzabillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pentingnyaanggaran kas dalam mewujudkan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang efisien pada Bagian Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Pemerintahan Bondowoso. Efisiensi dalam pelaksanaan APBD sangat penting untuk mencapai tujuan pembangunan daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen terkait dengan manajemen anggaran kas di Bagian Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Pemerintahan Bondowoso. Data yang dikumpulkan akan digunakan untuk menganalisis tantangan dan manajemen anggaran kas. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi penting dalam memahami peran anggaran kas dalam mendukung APBD yang efisien di tingkat daerah dan  bagi pemerintah daerah lainnya dalam meningkatkan manajemen anggaran kas mereka..

 


Keywords


Anggaran Kas, APBD,Efisien

Full Text:

PDF

References


Buku Pedoman Kerja dan Pelaksanaan tugas Pemerintahan tahun Anggaran 2023, Bab III 77 Revisi

Dadang Solihin, S. E. (2021). STRATEGI PEMBANGUNAN MASYARAKAT KOTA. Jakad Media Publishing.

DIDIK HARYANTO, MANFAAT ANGGARAN KAS DALAM RANGKA OPTIMALISASI KAS SEBAGAI UPAYA MENJAGA LIKUIDITAS DAN RENTABILITAS PADA PT. PAL INDONESIA (PERSERO)skripsi,univ airlangga 2020

Dilliana, S. M., & Henrikus, H. (2022). Manajemen Keuangan Daerah.

Ginting, E., Putri, S. E., & Sinaga, Z. Y. (2024). Analisis Keterkaitan Pemerintah Pusat dalam Peningkatan APBN dan APBD Tahun Anggaran 2023. Hakim, 2(1), 91-99.

https://bondowosokab.go.id/

https://bpkad.bondowosokab.go.id/

https://jatim.bpk.go.id/kabupaten-bondowoso/

https://jdih.bondowosokab.go.id/produk-hukum/perubahan-atas-peraturan-bupati-bondowowoso-nomor-50-tahun-2018-tentang-pedoman-kerja-dan-pelaksanaan-tugas-pemerintah-kabupaten-bondowoso-tahun-2019

https://jdih.bondowosokab.go.id/produk-hukum/perubahan-atas-peraturan-daerah-nomor-7-tahun-2016-tentang-pembentukan-dan-susunan-perangkat-daerah-kabupaten-bondowoso

Indrayeni, I. (2021). Analisis Perbedaan Efektivitas dan Efiisiensi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pada Instansi Pemerintah Sumatera Barat di Masa Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 (Studi pada Ringkasan APBD Kabupaten/Kota se Sumatera Barat Periode 2016-2021). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), 3(2), 51-55.

Langi, J., Lumapow, L., Kewo, C., & Wantah, E. (2022). Implementasi Laporan Anggaran dan Realisasi Belanja Negara pada Universitas Negeri Manado. YUME: Journal of Management, 5(2), 178-184.

Mardiasmo, M. B. A. (2021). Otonomi & Manajemen Keuangan Daerah: Edisi Terbaru. Penerbit Andi.

Mubarok, A. I. (2017). Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah di Kabupaten Bondowoso Tahun 2012-2016 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Permendagri 2020 77

Putra, A. S., & Mashur, D. (2014). Manajemen anggaran kas daerah. Jurnal Kebijakan Publik, 4(2), 218-223.

SEBO, K. D. P. (2020). Analisis Tingkat Serapan Anggaran (Studi Kasus Pemerintah Kabupaten Bondowoso) (Doctoral dissertation, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS).

Tampubolon, R. S. (2016). Analisis Anggaran Kas pada Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Wawancara Bendahara Pengeluaran Pembantu bagian Perekonomian dan Administrasi Pembangunan

Wijayanto, H. (2015). Transparansi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Melalui Penerapan E-Budgeting (dalam Perspektif Teori Good Governance). The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 1(1), 72-88.

Yuliyanto, W., Khasanah, U., & Umami, R. (2022). Analisis Efisiensi Dan Efektivitas Anggaran APBD Terhadap Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Pemerintah Kabupaten Abc Periode 2018-2020. Jurnal E-Bis, 6(2), 456-468.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jaakfe.v12i4.74800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Denari Dhahana Edtiyarsih

Indexed by:

   


Published By:

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi*, Universitas Tanjungpura

*now Fakultas Ekonomi dan Bisnis