FAKTOR DETERMINAN PEMILIHAN KONSERVATISME AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI)

Gita Desyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan financial distress terhadap konservat isme akuntansi pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data sekunder yang digunakan pada penelitian ini sumbernya berasal dari annua l report yang terdiri dari 99 sample sesuai kriteria penelitian. Metode analisis menggunakan regresi berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa factor ukuran perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap koservatisme akuntansi sedangkan leverage dan financial distress t idak berpengaruh secara signifikan terhada konservatisme akuntansi.

Keywords


konservatisme akuntansi, ukuran perusahaan, leverage, financial distress

Full Text:

PDF

References


Alfian, A., & Sabeni, A. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemilihan Konservatisme Akuntansi. Diponegoro Journal of Accounting , Vol. 2 (No. 3), 123-132.

Aristiyani, Desak Gede Utami dan I Gusti Putu Wirawati. (2013). Pengaruh Debt To Total Assets, Dividen Payout Ratio dan Ukuran Perusahaan pada Konservatisme Akuntansi Perusahaan Manufaktur di BEI. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 3.3: 216-230

Deviyanti, D. A. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Konservatisme dalam Akuntansi. Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Dewi Lestari dan Suryanawa. 2014. Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Leverage dan Financial Distress terhadap Konservatisme Akuntansi, ISSN : 2302-8556, Universitas Undaya.

Firmasari, D. (2016). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan,dan Financial Distress Terhadap Konservatisme Akuntansi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE- YOGYAKARTA.

Ningsih, E. 2013. Pengaruh Tingkat Kesulitan Keuangan dan Risiko Litigasi terhadap Konservatisme Akuntansi.

Nugroho, A. D. (2012). "Pengaruh struktur Kepemilikan Manajerial, Debt Covenant, Tingkat Kesulitan Keuangan Perusahaan, dan Risiko Litigasi Terhadap Konservatisme Akuntansi". Diponegoro Journal Of Accounting , Vol. 1 (1), Halaman 1-13.

Pramudita, N. (2012). Pengaruh Tingkat Kesulitan Keuangan dan Tingkat Hutang Terhadap Konservatisme Akuntansi pada Perusahaan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi , Vol. 1 (No. 2).

Pratanda, S. R., & Kusmuriyanto. (2014). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Likuiditas, Profitabilitas dan Leverage terhadap Konservatisme Akuntansi. Accounting Analysis Journal .

Raja Erwin Saputra, Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Kontrak Utang, Tingkat Kesulitan Keuangan Perusahaan, Peluang Pertumbuhan, Risiko Litigasi dan Leverage Terhadap Konservatisme Akuntansi, JOM Fekon Vol.3 No.1 2016.

Ratnadi, D., & Noviantari. (2015). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Konservatisme Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Sinambela, M. O., & Almilia, L. S. (2018). Faktor-Faktor yang mempengaruhi konservatisme akuntansi. JURNAL EKONOMI DAN BISNIS , Vol. 21 (No. 2), 289-312.

Susi Sulastri dan Yane Devi Anna, Pengaruh Financial distress dan Leverage terhadap Konservatisme Akuntansi, 2018, Volume 14 Number 1. Website BEI www.idx.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jaakfe.v11i1.55201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Gita Desyana

Indexed by:

  


Published By:

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi*, Universitas Tanjungpura

*now Fakultas Ekonomi dan Bisnis