PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2013

Indri Kurniasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh intellectual capital dan profitabitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan LQ45 di bursa efek Indonesia. Pengukuran intellectual capital dalam penelitian ini dihitung dengan value added intellectual coefficient (VAICTM) dan nilai perusahaan diukur dengan price to book value (PBV) dan profitabilitas di ukur dengan return on equity (ROE).

Penelitian ini didesain sebagai suatu studi empiris. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan LQ45 yang tercatat di bursa efek Indonesia tahun 2011-2013. Sampel penelitian dipilih berdasarkan metode purposive sampling, total perusahaan yang dijadikan sampel adalah 17 perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis jalur dengan variable dependen adalah intellectual capital, variable independen adalah nilai perusahaan dan profitabilitas sebagai variable interverning.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa intellectual capital berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci : Intellectual Capital, Nilai Perusahaan, Value Added Intellectual Coefficient, Price to Book Value, Profitabilitas


Full Text:

23-40


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jaakfe.v4i01.22753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi (JAAKFE)

Indexed by:

   


Published By:

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi*, Universitas Tanjungpura

*now Fakultas Ekonomi dan Bisnis