PERANCANGAN SISTEM HAND SANITIZER DUAL MODE MENGGUNAKAN SENSOR INFRARED

Rajib Novera, Syaifurrahman -, Abqori Aula

Abstract


Pada awal tahun 2019 terjadi pandemi COVID 19 di Wuhan China kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk di Indonesia. Setiap unit kerja mengimplementasikan protokol penanganan COVID 19 dengan mencuci tangan menggunakan hand sanitizer. Hanya saja penggunaan hand sanitizer masih manual dengan disentuh dan digunakan secara bergantian. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah rancangan hand sanitizer yang dapat bekerja secara otomatis tanpa perlu disentuh untuk memutus mata rantai penyebaran COVID 19.

                Dari pemikiran tersebut maka penulis merancang suatu sistem hand sanitizer otomatis yang bisa menyemprotkan cairan hand sanitizer tanpa harus disentuh. Sistem ini menggunakan komponen Arduino Nano, sensor infrared dan sensor suhu. Pada sistem ini terdapat dua mode pilihan operasi yaitu mode normal dan mode auto cut off. Pada mode normal sistem akan aktif mengeluarkan cairan hand sanitizer tanpa henti selama sensor infrared membaca ada halangan. Sedangkan pada mode auto cut off sistem akan aktif mengeluarkan cairan hand sanitizer dengan perwaktuan yang telah ditentukan yaitu selama 2 detik lalu berhenti meskipun sensor infrared masih membaca ada halangan. Variabel yang digunakan pada sistem adalah variabel jarak dan suhu. Pada sistem ini relay dan pompa air diafragma digunakan sebagai aktuator.

                Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem hand sanitizer otomatis dapat aktif tanpa disentuh dengan galat 0 %, membaca suhu pada tangan pengguna hand sanitizer dengan rata – rata nilai galat sebesar 0,16 oC dan persentase galat sebesar 0,44 %., menghitung jumlah pengguna alat dengan galat 0,13 orang dan persentase galat sebesar 0,88% dan sistem bekerja dengan baik sesuai dengan mode yang dipilih serta dapat mengeluarkan cairan hand sanitizer dalam bentuk spray.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/j3eit.v10i2.56065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura



Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology (J3EIT)  has been indexed by:

       

crossref Dimensions  

 

Editorial Office/Publisher Address:

Editor Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology (J3EIT), Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura,
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia

website : http://jurnal.untan.ac.id/index.php/j3eituntan
email : [email protected]

Support Contact

Eka Kusumawardhani, S.T., M.T.

   

 

Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology by Universitas Tanjungpura is licensed under CC BY-SA 4.0