ANALISIS TINGKAT KEPUASAAN LAYANAN KONSUMEN TERHADAP MIGRASI INTERNET INDIHOME DENGAN METODE SPEED INCREMENT

Labib Santoso, Fitri Imansyah, Jannus Marpaung, Redi Ratiandi Yacoub, F. Trias Pontia W

Abstract


Pemenuhan kebutuhan informasi dapat diperoleh melalui media yang lebih modern yaitu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi internet yang merupakan salah satu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang menawarkan sisi kecanggihan, kepraktisan, dan kemudahan. PT. Telkom adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang telekomunikasi dengan produk Indihome yang merupakan gabungan dari jenis produk dan layanan telecommunication, information, media dan edutainment. Kepuasan pelanggan pada pengguna Indihome dapat diketahui dengan dilakukan penelitian terhadap responden yang juga pengguna Indihome dengan cara mengisi kuesioner. Survey menunjukkan bahwa sebagian responden merasa puas namun banyak juga responden yang merasa tidak puas terhadap Indihome. Ketidakpuasan tersebut dikarenakan kualitas internet yang menurun seperti kecepatan internet sering tidak stabil, adanya gangguan pada telepon rumah juga mempengaruhi kualitas kecepatan dan koneksi internet, juga lambatnya penanganan atas gangguan internet pada pelanggan sehingga dilakukan penelitian mengenai Analisis Korelasi Tingkat Kepuasan Layanan Konsumen Terhadap Migrasi Speed Increment Jaringan Indihome terhadap beberapa pelanggan PT. Telkom Indonesia di Pontianak dengan metode Skala Likert . Hasil perhitungan menggunakan Skala Likert pada tingkat kualitas layanan Internet Indihome dan Kualitas jaringan indihome adalah Perpindahan 10Mbps ke 20Mbps sangat tidak puas 0%, kurang puas 0%, puas 100%, dan sangat puas 0%. Perpindahan 20Mbps ke 30Mbps sangat tidak puas 0%, kurang puas 0%, puas 75%, dan sangat puas 25%. Perpindahan 30Mbps ke 50Mbps sangat tidak puas 0%, kurang puas 0%, puas 78,57%, dan sangat puas 21,43%. selanjutnya dapat menambahkan jumlah responden agar didapatkan perbandingan data yang lebih valid. Penelitian selanjutnya sebaiknya juga menambahkan penskalaan menjadi 5 skala.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/j3eit.v9i2.51580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura



Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology (J3EIT)  has been indexed by:

crossrefDimensions  
 

Editorial Office/Publisher Address:

Editor Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology (J3EIT), Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura,
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia

Support Contact:

website : http://jurnal.untan.ac.id/index.php/j3eituntan
email : j3eit@untan.ac.id

 

Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology by Universitas Tanjungpura is licensed under CC BY-SA 4.0