ANALISIS KUALITAS JARINGAN INDIHOME DENGAN APLIKASI WIRESHARK UNTUK VIDEO CALL DAN GAME ONLINE

Apriadi Robianto, Fitri Imansyah, F. Trias Pontia W, Jannus Marpaung

Abstract


IndiHome merupakan produk dari PT. Telkom yang menawarkan layanan Triple Play yang terdiri dari Internet Fiber atau High Speed Internet (Internet Cepat),Interactive TV (UseeTV) dan Phone (Telepon Rumah). IndiHome memiliki 2 tipe instalasi yaitu IndiHome Internet on Fiber dan IndiHome High Speed Internet. Dari kedua tipe tersebut, terdapat perbedaan dari sisi bandwith, kestabilan, perawatan, ketahanan dan keamanan antara IndiHome Internet on Fiber dengan IndiHome High Speed Internet. aktivitas kecepatan transfer data sangat mempengaruhi laju trafik agar menghasilkan parameter (QoS) Quality of Service yang baik. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan kualitas kecepatan transfer data pada paket IndiHome pada saat melakukan Video Call dan bermain Game Online dengan menggunakan aplikasi wireshark berdasarkan parameter throughput, packet loss, delay dan jitter. Penelitian ini dilakukan di Kota Pontianak, Dan data diambil secara acak. Kualitas kecepatan transfer data tersebut di uji menggunakan aplikasi wireshark dengan cara menghubungkan Laptop ke ONT (Optical Network Terminal) pada setiap rumah pelanggan yang berlangganan internet IndiHome melalui aktivitas internet pada saat melakukan Video Call dan bermain Game Online. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan transfer data adalah adanya obstacle (penghalang), antrian yang berlebihan pada jaringan, noise atau gangguan sinyal yang tidak diinginkan. Dari semua rekapitulasi kualitas kecepatan transfer data pada paket 10 Mbps, 20 Mbps dan 50 Mbps pada internet IndiHome dapat disimpulkan bahwa nilai setiap parameter Quality of Service dapat berbeda-beda pada setiap paket yang meliputi kategori buruk, sedang, bagus dan sangat bagus walaupun pada paket yang sama. Berdasarkan hasil perhitungan parameter Quality of Service, maka dapat disimpulkan kualitas kecepatan transfer data pada paket 10 Mbps secara keseluruhan, kualitas kecepatan transfer data pada layanan internet IndiHome paket 10 Mbps Game Online khususnya parameter throughput masih menghasilkan nilai yang buruk, dikarenakan kecepatan data yang dibutuhkan untuk menampilkan grafik yang besar pada saat bermain Game Online,  hasil penelitian data kedua pada paket data 10 Mbps Video Call mendapatkan nilai lebih baik dari 5 sampel data yang diambil dikarenakan penggunaan grafik pada saat melakukan Video Call itu tidak lah begitu besar, 20 Mbps Game Online khususnya parameter throughput masih menghasilkan nilai yang buruk, dikarenakan kecepatan data yang dibutuhkan untuk menampilkan grafik yang besar pada saat bermain Game Online,  hasil penelitian data kedua pada paket data 20 Mbps Video Call mendapatkan nilai lebih baik dari 3 sampel data yang diambil dikarenakan penggunaan grafik pada saat melakukan Video Call itu tidak lah begitu besar ,sedangkan hasil penelitian data ketiga paket data 50 Mbps mendapatkan nilai terendah, dikarenakan banyak nya user pengguna yang mengakibatkat kecepatan mengalami penurunan kecepatan internet.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/j3eit.v9i1.44513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura



Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology (J3EIT)  has been indexed by:

crossrefDimensions  
 

Editorial Office/Publisher Address:

Editor Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology (J3EIT), Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura,
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia

Support Contact:

website : http://jurnal.untan.ac.id/index.php/j3eituntan
email : j3eit@untan.ac.id

 

Journal of Electrical Engineering, Energy, and Information Technology by Universitas Tanjungpura is licensed under CC BY-SA 4.0