ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PEMBAYARAN MANFAAT PENSIUN PADA PT POS INDONESIA (PERSERO) DI KOTA PONTIANAK

DESSY ARIESTIA B41109071

Abstract


PT Pos Indonesia (Persero) di Kota Pontianak menyelenggarakan suatu program pensiun manfaat pasti yang dikelola oleh dana pensiun PT Pos Indonesia (Persero) di Kota Pontianak yang merupakan badan hukum yang pendiriannya berdasarkan akte notaries, berdiri sendiri dan terpisah dari perusahaan induknya dalam hal manajemen, keuangan dan organisasinya. Adapun tekad dari dana pensiun PT Pos Indonesia (Persero) di Kota Pontianak, berusaha sebaik-baiknya mengelola dan meningkatkan profesionalisme kinerja guna mencapai hasil yang lebih baik.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis Struktur Organisasi, Flow Chart, Internal Control Quetioner (ICQ) dan Complience Test.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian efektifitas sistem pengendalian internal atas pembayaran manfaat pensiun pada PT Pos Indonesia (Persero) di Kota Pontianak. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa belum teraturnya pemutasian pada bagian keuangan, sedangkan layaknya harus pemutasian dengan teratur. Dengan adanya hal ini tentunya berpengaruh pada efektifitas dan efisiensi dari kinerja dana pensiun.

Keywords: pemutasian, pembayaran manfaat pensiun, sistem pengendalian internal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.