Analisis Budaya dalam kaitannya dengan Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Outlet Planet Surf di Kota Pontianak

Muhammad Redha B11106150

Abstract


Budaya merupakan suatu hal yang tidak bisa dilepaskan dari manusia. Budaya menunjukkan prestise dan eksistensi pemakainya. Pada masa sekarang ini budaya cepat berubah dan berkembang. Gaya hidup atau lifestyle merupakan salah satu kebutuhan yang mendasari konsumen untuk mematenkan prestise dalam golongannya. Perkembangan budaya konsumen telah mempengaruhi cara-cara masyarakat mengekspresikan estetika dan gaya hidup.

Penelitian ini menjelaskan bagaimana tanggapan responden tentang hubungan budaya konsumen dengan keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan tekhnik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan sampel sebanyak 91 responden.

Untuk mengetahui tanggapan responden tentang hubungan budaya konsumen dengan keputusan pembelian konsumen, digunakan metode analisi data kualitatif. Dengan metode ini diketahui bahwa budaya berperan dalam menentukan keputusan pembelian mereka.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan data yang diperoleh akan dianalisis secara kualitatif, yaitu dengan melihat jawab responden melalui kuesioner yang ditabulasikan, kemudian dinyatakan dalam presentase.

Karakteristik responden menurut jenis kelamin didominasi kaum perempuan menurut data yang diolah di Tabel 2.1 menunjukkan bahwa sebanyak 67 atau 74%responden berjenis kelamin perempuan.

Karakteristik responden menurut usia mayoritas berusia 18-23 tahun yaitu sebesar 39 responden atau 42,86% dari total responden

Karakteristik responden menurut pekerjaan, mayoritas responden mempunyai pekerjaan swasta sebanyak 52 responden atau sebesar 57,14% dari total responden.

Karakteristik responden menurut tingkat pendapatan, sebanyak  23 responden mempunyai pendapatan sebesar Rp3.100.000-Rp4.000.000 atau sebanyak 25.67% dari total responden.

Karakteristik responden menurut etnis, mayoritas responden adalah etnis tionghoa.

Karena perkembangan informasi dan teknologi yang pesat pada saat ini mempengaruhi budaya di masyarakat tentang pencitraan diri dan tingkatan sosial, dimana masyarakat sekarang bebas mengekspresikan diri dan memberikan gambaran individu atau kelompok secara bebas. Sehingga budaya sekarang menjadi aspek yang sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.

 

Kata Kunci : Budaya dan Keputusan Pembelian Konsumen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.