ANALISIS PENGARUH RELIGIUSITAS DAN MUTU PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN ORANGTUA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI SDIT AL KARIMA KUBU RAYA

Abdul Qodir Jaelani B11108196

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas dan mutu pendidikan terhadap keputusan orangtua menyekolahkan anaknya di SDIT Al Karima Kubu Raya.

 

Populasi dari penelitian ini adalah orangtua murid yang telah menyekolahkan anaknya di SDIT Al Karima Kubu Raya. Total sampel penelitian adalah 59 orang yang ditentukan melalui accidental sampling. Penelitian ini menganalisis aspek religiusitas orangtua murid yang diukur dengan metode RCI-10 (Religious Commitment Inventory) oleh Worthington. Skala pengukuran yang digunakan terdiri dari 10 pertanyaan yang dibagi kedalam dua dimensi. Dimensi Intrapersonal sebanyak enam pertanyaan yang mengekspolorasi aspek kognitif responden. Dimensi interpersonal sebanyak empat pertanyaan yang mengeksplorasi aspek perilaku. Mutu pendidikan diukur dengan teori mutu produk jasa David Garvin yang terdiri kedalam delapan dimensi berupa Performa (performance), Kehandalan (Reliability), Konformasi (Conformance), Daya tahan (Durability), Kemampuan pelayanan (Sevice ability), Estetika (Aesthetics), Kualitas yang dipersepsikan (Perceived quality). Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linear berganda.

 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas orangtua murid tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menyekolahkan anaknya di SDIT Al Karima Kubu Raya. Sedangkan mutu pendidikan berpengaruh signifikan terhadap keputusan orangtua menyekolahkan anaknya di SDIT Al Karima Kubu Raya .

Kata kunci: Religiusitas, Mutu Pendidikan, Keputusan menyekolahkan anak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.