ANALISIS TINGKAT LOYALITAS MEREK PASTA GIGI PEPSODENT ( Study Konsumen Di Kota Pontianak )

LUTFI PRAMUDYA ARYA PUTRA B11107118

Abstract


Judul dari penelitian ini adalah “Analisis Tingkat Loyalitas Merek Pasta  Gigi Pepsodent (Studyi Konsumen Di Kota Pontianak)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat loyalitas merek yang dicapai oleh konsumen Pasta Gigi Pepsodent di kota Pontianak.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey serta teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan yaitu mereka yang mengambil keputusan (decider) dan sebagai pengguna (user). Sampel yang di ambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis prosentase dan perhitungan interpretasi nilai mean terhadap variabel penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa sebagian besar skala  (4,07)  yang masuk dalam kategori baik terletak pada variabel Satisfied Buyer. Pada posisi kedua dengan skala (3,88) yang masuk dalam kategori baik diduduki oleh variabel Liking The Brand .Pada posisi ketiga dengan skala (3,81) yang masuk dalam kategori Baik terletak pada variabel Habitual buyer.Pada posisi keempat diisi oleh variabel Commited buyer atau pembeli yang komit terhadap produk Pepsodent dengan skala (2,53) yang masuk dalam kategori tidak baik . Dan pada posisi terakhir atau posisi terendah dalam tingkat loyalitas ditempati oleh variabel switcher atau pembeli yang berpindah pindah terhadap produk Pepsodent dengan skala (1,86) yang masuk dalam kategori tidak baik.

 

 

Kata kunci : loyalitas merek, switcher, habitual buyer, satisfied buyer, liking the    brand, commited buyer


Refbacks

  • There are currently no refbacks.