“ Analisis Perceived Quality ( Studi Komparatif Pada Sepeda Motor Merek Honda dan Yamaha Di Kota Mempawah )“

Hidayatullah B11108034

Abstract


Dunia  usaha  yang  semakin  cepat  mengharuskan  persaingan  dalam  hal  dunia  bisnis  semakin  ketat,  termasuk  usaha  bisnis  dalam  bidang  transportasi  seperti  sepeda  motor.  Masing  masing  perusahaan  berlomba-lomba  keunggulan  yang  terbaik  dari  produk  yang  ditawarkan  kepada   konsumen,  agar  perusahaan  tersebut  dapat  merebut  pasar.   Dimata  konsumen  produksi  sepeda  motor  yang  mempunyai  kualitas  dari  segi  model,  peforma  mesin,  ketersedian  suku  cadang  dan  harga  yang  ditawarkan  menjadi  faktor-faktor  pendukung  dalam  penentuan  pilihan  mereka.

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas sepeda motor merek Honda dan Yamaha yang ada dikota Mempawah, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tanggapan responden terhadap kualitas sepeda motor merek Honda dan Yamaha. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi adalah seluruh pengguna sepeda motor merek Honda dan Yamaha yang ada dikota Mempawah. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Convenience sampling . Banyak sampel yang diambil dalam penelitian ini sebesar 100 sampel yaitu 50 sampel dari pengguna sepeda motor merek Honda dan 50 sampel pengguna sepeda motor merek Yamaha. Kriteria sampel yaitu pengguna sepeda motor merek Honda dan Yamaha minimal  1 tahun, dan berusia diatas 17 tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Kruskal Wallis dengan program SPSS 17.0. Temuan penelitian berdasarkan pengolahan data melalui uji beda kruskal wallis menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan tanggapan responden terhadap sepeda motor merek Honda dan Yamaha dalam variabel Kinerja, Features, Keandalan, Ketahanan, Pelayanan dan Hasil akhir. Hal ini berati responden tidak melihat adanya perbedaan yang tampak nyata pada Perceived Quality sepeda motor Honda dan Yamaha. Kata kunci : Perceived Quality.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.