“ Analisis Perceived Quality ( Studi Komparatif Pada Sepeda Motor Merek Honda dan Yamaha Di Kota Mempawah )“
Abstract
Dunia usaha yang semakin cepat mengharuskan persaingan dalam hal dunia bisnis semakin ketat, termasuk usaha bisnis dalam bidang transportasi seperti sepeda motor. Masing masing perusahaan berlomba-lomba keunggulan yang terbaik dari produk yang ditawarkan kepada konsumen, agar perusahaan tersebut dapat merebut pasar. Dimata konsumen produksi sepeda motor yang mempunyai kualitas dari segi model, peforma mesin, ketersedian suku cadang dan harga yang ditawarkan menjadi faktor-faktor pendukung dalam penentuan pilihan mereka.
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas sepeda motor merek Honda dan Yamaha yang ada dikota Mempawah, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tanggapan responden terhadap kualitas sepeda motor merek Honda dan Yamaha. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi adalah seluruh pengguna sepeda motor merek Honda dan Yamaha yang ada dikota Mempawah. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Convenience sampling . Banyak sampel yang diambil dalam penelitian ini sebesar 100 sampel yaitu 50 sampel dari pengguna sepeda motor merek Honda dan 50 sampel pengguna sepeda motor merek Yamaha. Kriteria sampel yaitu pengguna sepeda motor merek Honda dan Yamaha minimal 1 tahun, dan berusia diatas 17 tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Kruskal Wallis dengan program SPSS 17.0. Temuan penelitian berdasarkan pengolahan data melalui uji beda kruskal wallis menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan tanggapan responden terhadap sepeda motor merek Honda dan Yamaha dalam variabel Kinerja, Features, Keandalan, Ketahanan, Pelayanan dan Hasil akhir. Hal ini berati responden tidak melihat adanya perbedaan yang tampak nyata pada Perceived Quality sepeda motor Honda dan Yamaha. Kata kunci : Perceived Quality.
Refbacks
- There are currently no refbacks.