PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Investment Opportunity Set (IOS) yang di proksikan dengan market to book value of asset (MBVA), market to book value of equity (MBVE), dan earning per share/price (EPS/Price) berpengaruh terhadap return saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 11 perusahaan periode 2009 – 2012, jumlah data yang digunakan adalah 44 data observasi, dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan regresi linier untuk melihat besar kontribusi masing-masing variabel bebas dalam mempengaruhi return saham. Hasil regresi menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun secara parsial variabel Investment Opportunity Set (IOS) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham.
Kata kunci : Perusahaan makanan dan minuman, Investment Opportunity Set & Return Saham
Refbacks
- There are currently no refbacks.