PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LAPTOP (Studi Kasus Pada PD. Metro Computer di Kota Pontianak)

AHMAD RIDHO B31109025

Abstract


Desain penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara atribut produk meliputi merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk laptop. Dalam penelitian ini populasinya adalah konsumen yang pernah membeli produk laptop pada PD. Metro Computer di Pontianak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan penyebaran kuisioner. Kuisioner yang berhasil dikumpulkan berasal dari 100 responden. Teknik penetapan responden menggunakan teknik purposive sampling. Pada tahap analisis dilakukan uji reliabilitas dan validitas untuk kuisioner yang disebar kepada responden, selanjutnya dilakukan analisis regresi berganda yaitu uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Aplikasi SPSS versi 19 digunakan untuk membantu pengujian model ini.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel independen yaitu merek, harga, dan kualitas produk terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Hasil analisis regresi berganda yaitu, Y = 3,472 + 0,339 X1 + 0,444 X2 + 0,450 X3. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel kualitas produk (0,450), diikuti oleh variabel harga (0,444) dan terakhir variabel merek (0,339). Hasil uji t dan uji F membuktikan bahwa semua variabel independen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian baik secara parsial dan simultan. Dan koefisien determinasi (adjusted R2) yang diperoleh sebesar 0,425. Hal ini berarti 42,5% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel merek, harga, dan kualitas produk, sedangkan sisanya 57,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci :    Atribut Produk, Merek, Harga, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian


Refbacks

  • There are currently no refbacks.