PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN PUBLIK DAN KINERJA DINAS PENDIDIKAN KOTA PONTIANAK

Citra Aries Pradana B31107047

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pelayanan publik yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kota Pontianak terhadap masyarakat dan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, dengan teknik survey yaitu penyebaran kuesioner kepada 50 orang responden pengguna pelayanan di Dinas Pendidikan Kota Pontianak. Dari hasil penelitian diketahui bahwa persepsi masyarakat pengguna pelayanan publik di Dinas Pendidikan Kota Pontianak menyatakan kalau penyelenggaraan pelayanan publik sudah cukup memuaskan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publiknya, yakni aspek kesederhanaan (prosedur pelayanan yang berbelit-belit), aspek kejelasan (adanya transparansi biaya yang dikeluarkan), aspek akurasi (urusan sesuai dengan yang dikehendaki), aspek keamanan (bukti tanda terima diberikan), dan aspek kemudahan akses (jarak lokasi kantor dengan tempat tinggal dan ketersediaan angkutan umum menuju lokasi kantor).

Peningkatan penyelenggaraan pelayanan publik di Dinas Pendidikan Kota Pontianak dapat dilakukan dengan prioritas perlu adanya kejelasan prosedur pelayanan publik, adanya transparansi biaya, adanya kepastian waktu penyelesaiaan urusan, penyelesaiaan urusan sesuai dengan yang dikehendaki, adanya bukti tanda terima yang diberikan, kejelasan dalam persyaratan teknis dan administratif, perlu adanya kemudahan akses, serta adanya UU mengenai penyelenggaraan pelayanan publik sehingga pelayanan publik dapat ditingkatkan dikarenakan ada standar minimalnya.

The purpose of this study was to determine how the level of satisfaction of public services provided by the Department of Education Pontianak on society and to determine public perceptions of the public service and to know the factors that affect the quality of public services. The method used is descriptive research method, the survey technique is distributing questionnaires to 50 respondents of service users in Pontianak City Department of Education. The survey results revealed that user perceptions of public services in Pontianak City Department of Education stated that the public service has been quite satisfactory. The factors that affect the quality of public services, the simplicity aspect (service procedures convoluted), the aspect of clarity (transparency costs incurred), accuracy aspec (according to the desired affairs), security aspects (receipt given), and the aspects of ease of access (distance to the residence office location and availability of public transportation to the location of the office).

Improved public service delivery in Pontianak City Department of Education can be done with a priority need for clarity of procedures of public services, cost transparency, certainty Completion time affair, affairs Completion in accordance with the desired, evidence of receipt given, clarity in the technical and administrative requirements, the need for ease of access, as well as the law relating to the provision of public services so that public services can be improved because there are minimum standards.


Keywords : Public Service, Performance and Satisfaction .

Refbacks

  • There are currently no refbacks.