ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG SUSU KENTAL MANIS FRISIAN FLAG DI KOTA PONTIANAK
Abstract
Persaingan industri barang konsumsi saat ini semakin ketat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya kompetitor yang bermunculan dan saling menawarkan kelebihannya kepada konsumen. Produk barang konsumsi meliputi makanan, minuman dan salah satu barang konsumsi yang menjadi kebutuhan adalah susu kental manis. Untuk menghadapi persaingan PT. Frisian Flag Indonesia dengan produk susu kental manis Frisian Flag tentunya menciptakan daya tarik iklan dan brand awareness yang baik agar menarik minat pembelian ulang susu kental manis Frisian Flag. Hal inilah yang mendorong dilakukannya penelitian ini untuk menganalisis pengaruh daya tarik iklan dan brand awareness terhadap minat pembelian ulang. Dalam penelitian ini indikator daya tarik iklan meliputi meaningful, distinctive dan believable, sedangkan indikator brand awareness antara lain recall, recognition, purchase dan consumption serta indikator minat pembelian ulang adalah minat eksploratif, referensial, transaksional dan preferensial. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah daya tarik iklan dan brand awareness sebagai variabel independen sedangkan minat pembelian ulang sebagai variabel dependen.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 110 orang responden dengan kriteria sampel konsumen yang berumur 17-50 tahun, pernah menyaksikan iklan dan pernah mengkonsumsi susu kental manis Frisian Flag dalam tiga bulan terakhir di Kota Pontianak. Data pada penelitian ini diperoleh melalui kuesioner, wawancara dan studi kepustakaan. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi. Hasil uji validitas menunjukkan setiap variabel memiliki indikator – indikator pertanyaan yang valid, sedangkan hasil uji reliabilitas menyatakan bahwa keseluruhan variabel adalah reliabel. Hasil pengujian dengan analisis linier berganda menunjukkan bahwa daya tarik iklan dan brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang baik secara parsial maupun simultan.
Kata kunci : daya tarik iklan, brand awareness, minat pembelian ulang.Refbacks
- There are currently no refbacks.