ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMBELI SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA PONTIANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli smartphone Samsung di Kota Pontianak, dimana peneliti mempersempit kajian variabel-variabel yang diteliti hanya pada variabel seperti kualitas produk, merek, harga dan iklan. Objek penelitian ini adalah pengguna smartphone Samsung yang berada pada wilayah kota Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun hubungan antara dua variabel atau lebih. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan teknik analisis linear berganda dan tanggapan responden mengenai masing-masing variabel.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa keempat variabel tersebut secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung. Selanjutnya dari keempat variabel, secara parsial variabel iklan tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Dari ketiga variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung adalah variabel kualitas produk, hal ini ditunjukkan oleh koefisien regresi yang lebih besar dibandingkan dengan koefisien variabel merek dan harga, namun hipotesis kedua dan ketiga tetap di terima.
Kata Kunci : Kualitas produk, Merek, Harga, Iklan dan Keputusan pembelian.
Refbacks
- There are currently no refbacks.