ANALISIS KERAGAMAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI KASUS : INSIX DISTRO PONTIANAK)
Abstract
Keragaman dalam sebuah produk diharapkan dapat memberikan dorongan dan pilihan bagi konsumen untuk membeli produk yang saling melengkapi dalam berbelanja. Penyediaan keragaman produk (produk assortment) yang baik tidak hanya akan menarik minat tetapi dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian berulang. Penelitian ini berjudul ”Analisis KeragamanProduk Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi kasus:Insix Distro Pontianak)” yang bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana kebijakan keragaman produk yang dilaksanakan oleh Insix Distro, bagaimana tanggapan konsumen atas keragaman produk yang ditawarkan Insix Distro, bagaimana tingkat loyalitas konsumen pada Insix Distro dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keragaman produk terhadap loyalitas konsumen pada Insix Distro. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kuesioner.
Hasil penelitian yang didapatkan mengenai kebijakan keragaman produk yang dilaksanakan oleh Insix Distro meliputi jenis produk, kualitas, merek, model, ukuran, variasi dan jumlah produk. Tanggapan konsumen tentang keragaman produk yang terdapat di Insix Distro Pontianak diperoleh nilai rata-rata keseluruhan variabel X (keragaman produk), yaitu sebesar 3,77 yang artinya tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Hal ini menunjukkan bahwa unsur-unsur keragaman produk pada Insix Distro dianggap tinggi. Tingkat loyalitaskonsumen memiliki nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,86 yang artinya tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Hal ini menunjukkan bahwa loyalitas konsumen tinggi.
Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana, besarnya pengaruh keragaman produk terhadap loyalitas konsumen Insix Distro adalah sebesar 36,6 % dan sisanya 63,4 % dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti oleh penulis misalnya promosi, harga, brand image, kualitas pelayanan. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung = 5,264 lebih besar dari ttabel = 1,678 Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka keragaman produkmemiliki pengaruh yang positif terhadap loyalitas konsumen Insix Distro Pontianak.
Refbacks
- There are currently no refbacks.