Analisis Nilai Fungsional, Emosional, Spiritual Dan Sosial Dalam Mempengaruhi Minat Menggunakan Ulang Jejaring Pertemanan Facebook
Abstract
Manusia akan merasa terpuaskan pada kebutuhannya, tergantung pada nilai-nilai yang di rasakannya pada saat mengkonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perilaku mahasiswa ketika merasakan nilai fungsional, emosional, spiritual, dan sosial dalam mempengaruhi minat menggunakan ulang jejaring pertemanan Facebook.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan analisis kuantitatif regresi linier berganda. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura yang memiliki dan menggunakan jejaring pertemanan Facebook. Ukuran sampel sebanyak 100 orang responden mahasiswa yang diambil dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian membuktikan bahwa secara simultan nilai fungsional, emosional, spiritual dan sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menggunakan ulang jejaring pertemanan Facebook pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura. Secara parsial variabel nilai fungsional, emosional dan sosial berpengaruh signifikan terhadap variabel minat menggunakan ulang sedangkan variabel spiritual tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan ulang.
Kata Kunci : Nilai Fungsional, Emosional, Spiritual dan Sosial, Minat Menggunakan Ulang, Facebook
Refbacks
- There are currently no refbacks.