PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN HARGA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE SAAT PANDEMI COVID-19 DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MASYARAKAT MILENIAL DI PONTIANAK (Studi Kasus Pada Situs Belanja Online Shopee)
Abstract
Berbagai negara di dunia sedang berjuang dalam menghadapi pandemi virus corona termasuk Indonesia. Dengan adanya kebijakan-kebijakan tentang pembatasan gerak dan sosial, membuat keterbatasan gerak dari masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari sehingga ikut berdampak pada pola konsumsi dan cara berbelanja masyarakat yang awalnya secara langsung (konvensional) beralih ke berbelanja secara online. Berbelanja secara online dilakukan tentu bukan hanya semata-mata untuk mendukung kebijakan pemerintah, tentu ada faktor-faktor pendukung lainnya sehingga menciptakan perilaku pembelian online konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalis pengaruh Online customer review dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Online di Shopee melalui Trust pada masyarakat milenial di kota Pontianak selama masa pandemi covid-19. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh generasi milenial yang berada di kota Pontianak dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang di ambil menggunakan metode Non probability sampling. Pengujian dilakukan dengan menganalis hasil uji instrument, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, path analysis/ analisis jalur dan uji hipotesis menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan Online customer review dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Trust, Harga dan Trust berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Online, dan Trust mampu memediasi pengaruh Online customer review terhadap Keputusan Pembelian Online. Sedangkan terdapat dua hipotesis yang ditolak yaitu Online customer review tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian online dan Trust tidak berperan sebagai variabel yang memediasi pengaruh antara Harga dengan Keputusan Pembelian Online.
Amron, A. (2018). The influence of brand image, brand trust, product quality, and price on the consumer’s buying decision of MPV cars. European Scientific Journal, 14(13), 228-239.
Apriliani, E. P. (2013). Pengaruh Risiko Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen. Jdm (Jurnal Dinamika Manajemen), 4(2).
Badan Pusat Statistik, 2020. Analisis Big Data Di Tengah Masa Pandemi Kebiasaan Baru. Jakarta Pusat : Badan Pusat Statistik. (Diakses Tanggal 20 Febuari 2021)
Badan Pusat Statistik, 2020. Ekonomi Indonesia Triwulan Ii 2020 Turun 5,32 Persen. Jakarta Pusat : Badan Pusat Statistik. (Diakses Tanggal 27 Febuari 2021).
Badan Pusat Statistik, 2020. Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19. Jakarta Pusat : Badan Pusat Statistik. (Diakses Pada 17 Febuari 2020)
Bhatti, A., Akram, H., Basit, H. M., Khan, A. U., Raza, S. M., & Naqvi, M. B. (2020). E-Commerce Trends During Covid-19 Pandemi. International Journal Of Future Generation Communication And Networking, 13(2), 1449-1452.
Chen, S. C., & Dhillon, G. S. (2003). Interpreting Dimensions Of Consumer Trust In E-Commerce. Information Technology And Management, 4(2), 303-318.
Dellarocas, C., Zhang, X. M., & Awad, N. F. (2007). Exploring The Value Of Online Product Reviews In Forecasting Sales: The Case Of Motion Pictures. Journal Of Interactive Marketing, 21(4), 23-45.
Elwalda, A., Lü, K., & Ali, M. (2016). Perceived Derived Attributes Of Online customer reviews. Computers In Human Behavior, 56, 306-319.
Guo, S., Wang, M., & Leskovec, J. (2011, June). The role of social networks in online shopping: information passing, price of trust, and consumer choice. In Proceedings of the 12th ACM conference on Electronic commerce (pp. 157-166).
Hanifah, N., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Memutuskan Pembelian Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Sultanist: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(2), 112-122.
Iprice Group Sdn Bhd. 2020. The Map Of E-Commerce In Indonesia. Website: Https://Iprice.Co.Id/Insights/Mapofecommerce/En/, Diakses Tanggal 07 Januari 2021.
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35-43.
Juliana, P., Djakasaputra, A., & Bernarto, I. (2020). Observational Learning And Word Of Mouth Against Consumer Online Purchase Decision During The Pandemi Covid-19. Systematic Reviews In Pharmacy, 751-758.
Kim, H. W., Xu, Y., & Gupta, S. (2012). Which Is More Important In Internet Shopping, Perceived Price Or Trust?. Electronic Commerce Research And Applications, 11(3), 241-252.
Kusumawati, D., & Saifudin, S. (2020). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Secara Online Saat Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Millenia Di Jawa Tengah. Jab (Jurnal Akuntansi & Bisnis), 6(01).
Maryati, T. (2020). Consumer Behavior Changes Post Pandemi Covid-19. International Journal Of Halal Research, 2(2), 84-89.
Matute, J., Polo-Redondo, Y., & Utrillas, A. (2016). The influence of EWOM characteristics on online repurchase intention: Mediating roles of trust and perceived usefulness. Online Information Review.
Novitasari, R. (2020). Pengaruh kualitas produk dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk fashion online: Studi pada konsumen Shopee di Kota Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Pratama, D. W., & Santoso, S. B. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Produk Stuck Original. Diponegoro Journal of Management, 7(2), 139-149.
Purba, I. B. G. I. W., & Tirtayani, I. G. A. Pengaruh E-Price Dan E-Trust Terhadap E-Loyalty Pada Era Pandemik. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 99-108.
Putri, L., & Wandebori, H. (2016). Factors influencing cosmetics purchase intention in indonesia based on online review. In International Conference on Ethics of Business, Economics and Social Science (pp. 255-263).
Rohmah, A. (2020). Pandemi Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Konsumen Di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1373-1378.
Sheth, J. (2020). Impact Of Covid-19 On Consumer Behavior: Will The Old Habits Return Or Die?. Journal Of Business Research, 117, 280-283.
Siow, N. (2013). Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Pelanggan Pengaruhnyaterhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria Fu150 Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Sparks, B. A., & Browning, V. (2011). The Impact Of Online Reviews On Hotel Booking Intentions And Perception Of Trust. Tourism Management, 32(6), 1310-1323.
Wahyuni, S., Irawan, H., & Sofyan, E. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Situs Online Fashion Zalora. Co. Id. Eproceedings Of Management, 4(2).
Widya, C. A., & Riptiono, S. (2019). Pengaruh Online Consumer Review Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Consumer Trust Sebagai Intervening (Studi Pada Pengguna Instagram Di 1 Kecamatan Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 1(1), 76-84.
Wijaya, V. S., & Wismantoro, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Kepercayaan Nasabah Asuransi Jiwasraya Cabang Kudus. Jurnal Penelitan Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 101-113.
Yuliati, L. N., & Simanjuntak, S. (2011). Persepsi Manfaat dan Risiko Dalam Perilaku Pembelian Konsumen Online Shop. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 4(2), 173-181.
Yuniarti, Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora, 18(1), 139690.
Yunus. Nur Rohim & Rezki. Annissa, (2020). “Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19”, Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3).
Covid19.Go.Id. (2020, 28 Desember). Perubahan Harian Kasus Covid-19. Diakses Pada 29 Desember 2020, Dari Https://Covid19.Go.Id/P/Berita?Search=Jumlah+Pasien+2020.
Davis, Stephanie Et al.,"Resilient And Racing Ahead" E-Conomy Sea. Https://Www.Thinkwithgoogle.Com/Intl/En-Apac/Consumer-Insights/Consumer-Journey/E-Conomy-Sea-2020-Resilient-And-Racing-Ahead-What-Marketers-Need-To-Know-About-This-Years-Digital-Shifts/?Utm_Medium=Cpc&Utm_Source=Google&Utm_Team=Twg-Apac&Utm_Campaign=202011-Seaeconomygenericbmm-Id-En&Gclid=Cj0kcqjwutacbhdfarisajhwnhv2giui1w5zacxg6tecgqkvbtiv19pnapii6piowbirnlts8v8c0r0aaualealw_Wcb&Gclsrc=Aw.Ds (Diakses Pada 21 Januari 2021)
Sirclo. "Sirclo Rilis Laporan Tren Perkembangan Industri E-Commerce Dan Harbolnas Di Indonesia Saat Pandemi." Sirclo. Https://Www.Sirclo.Com/Sirclo-Rilis-Laporan-Tren-Perkembangan-Industri-E-Commerce-Dan-Harbolnas-Di-Indonesia-Saat-Pandemi/ (Diakses Pada 2 Januari 2020)
Refbacks
- There are currently no refbacks.