PENGARUH CUSTOMER VALUE TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG COFFEE SHOP BRAND LOKAL (STUDI KASUS COFFEE SHOP LOKALE PONTIANAK)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Customer Value Terhadap Minat Kunjung Ulang Coffee Shop Brand Lokal (Studi Kasus Coffee Shop Lokale Pontianak). Populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat yang pernah mengunjungi Lokale Pontianak. Sampel yang diambil untuk penelitian ini sebanyak 150 responden dibagi menjadi dua kelompok responden yaitu laki – laki dan perempuan menggunakan teknik purposive sampling dengan metode non probability sampling. Adapun kriteria sampel adalah konsumen yang berada di Kota Pontianak, sudah pernah berkunjung dan membeli kopi Lokale minimal sudah 3 kali membeli dalam kurun waktu 2 bulan terakhir responden berperan sebagai pengambilan keputusan (decider). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan google form. Model uji yang digunakan adalah Uji Beda T (Test). Berdasarkan hasil uji hipotesis kelompok responden laki – laki ditemukan bahwa fungtional value dan social value berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung ulang, emotional value tidak berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung ulang Lokale Pontianak. Sedangkan kelompok responden perempuan social value dan emotional value berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung ulang, fungtional valuetidak berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung ulang Lokale Pontianak.
Anggraeni, D. M. (2019). Pengaruh Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Kunjung Kembali Wisatawan Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Wisata Pemancingan Dewandaru Kecamatan Gunung Pati Semarang. Skripsi, 39-42.
Arianadewi, A., & Soesanto, H. (2015). Analisis Pengaruh Lifestyle, Kualitas Pelayanan Dan Perceived Value Terhadap Customer Value Untuk Meningkatkan Minat Beli Semarang ( Studi pada MG . Suites Apartemen , Star Apartemen dan The Parama Graha Apartemen ). Diponegoro Journal Of Management, 4(2), 1–13
Bachrun, E. (2019, April 9). Pengaruh Customer Value Terhadap Minat Kunjung Ulang Pasien Rawat Jalan. Jurnal akperngawi, Volume 5; No. 1. Diambil kembali dari Media Publikasi Penelitian: http://jurnal.akperngawi.ac.id
Candan, Burcu, Sevtap Unal and Aysel Ercis. 2013. Analysing The Relationship Between consumption Values and Brand Loyalty of Young People: A study on Personal Care Products. Jounal of Research on Education.
Clarissa, L.J. et al., (2009). Customer Loyalty in Cluster: Percevied Value and Satisfication as Antecendents. Journal of Management and Marketing Research
Cronin, J., Joseph, Jr., Steven A., & Taylor. (1992). Measuring service quality : A reexamination and extention. Journal of Marketing, 56(3),55-68.
Damayanti, M. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Pada Obyek Wisata Pemandian Air Panas Guci Di Kabupaten Tegal. Skripsi, 27-28.
Deng Zhaohua. (2010). Understanding Customer Satisfacation and Loyalty An Empirical Study of Mobile Instant Messages in China.
Effendy, A. Y., & Kunto, Y. S. (2013). Pengaruh Customer Value Proposition Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Consumer Pack Premium Baru Bogasi. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 1, No. 2.
Faradilla, R. H. (2017). Pengaruh Customer Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel Pada Siswa Sma Negri 1 Ponorogo. Skripsi, 10-24.
Ferdinand, A. (2002). Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen:
89
Aplikasi Model-model Rumit dalam Penelitian untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor. BP UNDIP
Fitri zal, F., & Limakrisma, N. (2019). Customer Value Determination and its Implications in Customer. International Review of Management and Marketing, 9(2), 18-25.
Garbarino, E. and Johnson, M.S. (1999), “The different roles of satisfaction, trust, and commitment in customer relationships”, Journal of Marketing, Vo.63 No2, pp. 70-87
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21
Hidayati, N. (2015). Antesenden Costumer Value Dan Minat Beli Ulang(Studi Kasus Pada Toko Batik Lasem Sumber Langgeng). Skripsi, 1-107.
Ibnu Hatta, I. K. (2015). Pengaruh Emotional Value, Social Value, Dan Brand Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Pengaruhnya Dalam Loyalitas Konsumen. Tesis, 5-9.
Isnaini, P. R., & Abdillah, Y. (2018). Pengaruh Citra Merek Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Kepuasan Pengunjung Serta Dampaknya Pada Minat Kunjung Ulang. Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 55 No. 2.
Jannah, M., Syarief, M., & Pambudi, B. S. (2014). Pengaruh Customer Value Terhadap Kepuasan Pengguna Smartphone Blackberry Gemini Curve. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, Vol 1 No. 1.
Khairiyah, D., & Yunita, M. (2018). Pengaruh Nilai Emosional, Nilai Sosial, Nilai Kualitas dan Nilai Fungsional Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek TVS di Kota Bengkulu. Ekombis Review, 132.
Kholik, N. S. (2018). Kajian Hidup Kaum Muda Penggemar Coffee Shop. Skripsi.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa Benyamin.
Jakarta: PT. Indeks. Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Diterjemahkan
oleh Bob Sabran. Jilid 1. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philips & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). (S.Yagan,
Ed.) New Jersey, United States of America: Pearson Education Inc,
90
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016), Marketing Management, 15th edition, Harlow :
Pearson Education
Kusniati, R., Farida, N., & Sudiro. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa Dan Nilai Pelanggan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Melalui Kepuasan Pasien Di Poli Umum Di RSISA Semarang. Manajemen Kesehatan Indonesia, Vol 4, No. 4.
Mustika , G. A., & Andari, R. (2015). Pengaruh Customer Value Terhadap Keputusan Menggunakan Meeting Package Golden Flower Hotel Bandung. Tourism and Hospitaly Essentials Jurnal, 869.
Nilasari, B. M. (2018). Pengaruh Nilai yang Dirasakan Pelanggan (Functional, Social,Emotional dan Epistemic Value)Terhadap Niat Pelanggan untuk Menggunakan Internet Sebagai Platfrom ritel. JURNAL MANAJEMEN BISNIS, Vol 13, No. 2.
Oesman, Y, M. (2010). Sukses Mengelola Marketing Mix, CRM, Custumer Value dan Custumer Dependency. Cetakan pertama. Bandung : Alfabeta.
Pramatatya, V., Najib, M., & Nurrochmat, D. R. (2015). Pengaruh Atmosfer Kedai Kopi Terhadap Emosi Dan Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 136.
Qomaryah, A. A. (2017). Pengaruh Customer Value Terhadap Minat Kunjung Ulang Pasien Rawat Jalan Di Klinik Spesialis Obstetri Ginekologi Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun. Skripsi, 1-111.
Rampen, S. R. (2013). Pengaruh Customer Value Creation Terhadap Kepuasan Pelanggan Anggrek Shoping Hotel Bandung. Skripsi, 48-54.
Razak, I. (2016). The Impact of Product Quality and Price on Customer. International Peer-reviewed Journal , Vol.30, .
Rifai, A., & Suryani, A. (2016). Peran Customer Perceived Pada Kepuasan Pelanggan Tiket Online. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 6.
Rijali, R. (2018). Pengaruh Functional Value, Emotional, Social Value, Satisfaction With The Game, Indentification With The Character Terhadap Intent To Purchase Item Virtual: Studi Pada Pembelian Skin Legends Pada Games Mobile Kegend. Skripsi, 43-47.
91
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Edisi 6 Jilid 2. Jakarta: Salemba Empat.
Sheth, J.N., Newman, B.I., and Gross, B. (1991), “Why we buy what we buy: a theory of consumption values”, Journal of Business research, Vol.22 No.2, pp. 159-70.
Solimun. 2002. Multivariate Analisis Structural Eguation Modeling (SEM). Malang: Universitas Negeri Malang.
Steviani , A., & Semuel, H. (2015). Pengaruh Customer Value Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Customer Statisfaction Sebagai Variabel Intervening Terhadap Salon Shinjiku. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 1, No. 1.
Sudarso, E. (2017). Kualitas Layanan, Nilai Fungsional, Nilai Emosional, dan Kepuasan Konsumen: Sebuah Studi Kasus. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 165 - 178.
Suganda, W. (2016). Pengaruh Customer Value Terhadap Keputusan Pembelian Paket Tour. Skripsi, 55-59.
Sugiyono (2014), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono (2017), Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Supadiyono, A. (2008). Pengaruh Nilai Pelanggan (Cutomer Value) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Moderasi. TESIS, 51-52.
Susriyanti. (2016). Pengaruh Customer Value Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Sikoci Pada Bank Nagari Cabang Padang Panjang. Menara Ekonomi, Volume II No. 3.
Sweeney, J.C. dan Soutar, G.N. (2001), “Consumer Perceived Value : The Development of A Multiple item Scale, “ Journal of Retailing, Vol.77, No.2, pp. 203-220.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.
92
Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Edisi pertama. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Umar, H. (2010). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Wahyuningsih. 2011. “Nilai Pelanggan: Konsep dan Strategi”. Jurnal Megadigma. Vol. 4, No. 1, Januari 2011: 65-77
Woodruff, Robert B. 1997. “Customer Value: The Next Source for Competitive Advantage”. Journal of the Academy of Marketing Science. 25 (2): 139-153
Wijanarko, K. S. (2014). Pengaruh Nilai Pelanggan Terhdap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Menggunakan Smartphone Samsung Galaxy Series Di Kota Palu. e-Jurnal Katalogis, 34-46.
Zubaedah, L. M. (2017). Analisis Pengaruh Customer Perceived Value Pada Kepuasan Dan Kesetiaan Nasabah Bank Bri Syariah Wahid Hasyim. Jurnal Sekretari, Vol. 4 No. 1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.