PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Survei Pelanggan Harian Pagi Tribun Pontianak di Kota Pontianak)
Abstract
Persaingan di dalam perusahaan media cetak semakin ketat , dimana semakin banyak produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal ini menyebabkan setiap perusahaan harus berorientasi pada kebutuhan konsumen sebagai tujuan utama karena dalam memilih suatu produk, konsumen menilai dan membedakan suatu produk melalui produk fisik, perbedaan harga dan perbedaan pelayanan,.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan harian Tribun Pontianak.(2) pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan harian Tribun Pontianak, (3) pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan harian Tribun Pontianak, Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis serta mendiskripsikan pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan harian Tribun Pontianak, (2) Menganalisis serta mendiskripsi pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan harian Tribun Pontianak (3) Menganalisis serta mendiskripsi pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui harian Tribun Pontianak. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yaitu pelanggan yang telah membaca harian Tribun Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian populasi maka peneliti tidak menggunakan sampel.
Penelitian ini menggunakan variabel kualitas produk dan harga sebagai variabel bebas dan loyalitas pelanggan harian pagi Tribun Pontianak sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode Observasi dan kuesioner atau angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan harian Tribun Pontianak bernilai positif. Dalam hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi berganda varibel penelitian kualitas produk (X1) bernilai positif, Pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan harian Tribun Pontianak dapat dilihat dari Nilai koefisien regresi berganda variabel harga yang juga bernilai positif dan kualitas produk (X1) dan harga (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, dan Loyalitas.
Refbacks
- There are currently no refbacks.