PENGARUH BEAUTY VLOGGER CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LIPSTIK EMINA KOSMETIK DI KOTA PONTIANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Beauty Vlogger, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian produk Lipstik Emina Kosmetik di Kota Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah penelitian explanatory research (penjelasan). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat kota Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100. Model analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Beauty Vlogger tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Citra Merek tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan Kualitas Produk Berpengaruh Signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Kata Kunci : Beauty Vlogger, Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
DAFTAR PUSTAKA
Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 660-669.
Amrullah, A., Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. (2016). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda. KINERJA, 13(2), 99-118.
Ainia, D., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2020). Pengaruh Daya Tarik dan Kredibilitas Beauty vlogger sebagai Celeberity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Stuudi pada Subscribers Youtube Channel Suhay Salim di Indonesia). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 9(2), 219-225.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103.
Diansyah, D., & Nurmalasari, A. I. (2017). Pengaruh Pemasaran Internet Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Journal Of Business Studies, 2(1), 84-98.
Ditjen POM RI.(1985). Formularium Kosmetika Indonesia.Direktorat Jendral Pengawasan Obat dan Makanan.Jakarta. Penerbit DepartemenKesehatan RI.Halaman 5.
Fristiana, D. A., Prihatini, A. E., & Listyorini, S. (2012). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(2), 118-127.
Gifani, A., & Syahputra, S. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Majalah Bisnis Dan IPTEK, 10(2), 81-94.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Multivariate dengan program IBM SPSS Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. (2017). Model persamaan Struktural Konsep Data Aplikasi. Dengan program AMOS 24. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.
Habibah, U. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. JEB17: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(01).
Hamidah, S., & Anita, D. (2013). Analisis persepsi citra merek, desain, fitur dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk handphone samsung berbasis android (studi kasus STIE Pelita Indonesia). Jurnal Ekonomi, 21(04).
Hanaysya Rajeh Jalal. (2017). “An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market”.
Kotler, Philip dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ke 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lasander, C. (2013). Citra merek, kualitas produk, dan promosi pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen pada makanan tradisional. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Lifestyle, (2015). IndoBeautyVlogger. https://lifestyle.bisnis.com/read/20151114/220/492 104/mengintip-komunitas-beauty-vlogger-diindonesia
Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1)
Masruroh, R., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Beauty vlogger Review dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Kosmetik Maybelline di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1).
Mulyati, Y. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Citra Destinasi serta Dampaknya pada Minat dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik pada Destinasi Wisata Kota Bukittinggi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 20(1), 168.
Musay, F. P. (2013). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian (survei pada konsumen kfc kawi malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2).
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 4(2).
Nurrohman, F. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth Harga dan Kualitas produk terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus pada Smartphone Merek Blackberry di Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 7(1), 37-45.
Noorfadila N. C.& Achyarsyah M. Hendrayati H, Atrisia M.I, Syahidah R K. (2020) Online Review By Beauty Vlogger and Its Impact On Purchase Intention.
Ohanian, R. “Donstruction and validation of a scale to measure celebrity endorsers’perceived expertise- trustworthiness- and attractiveness” Journal of Advertising, 19(3), pp. 39-52. Research in Marketing, 16(7), pp. 283-94, 1990.
Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen, 8(3), 1374-1400.
Poucher, J. (2000). Poucher’s Perfumes, Cosmetics and Soaps. Edisi Kesepuluh. London: Kluwer Academic Publisher.Halaman 206.
Rizan, M., Handayani, K. L., & RP, A. K. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie Dan Mie Sedaap). JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 457-478.
Sari, F. P., & Yuniati, T. (2016). Pengaruh harga citra merek dan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(6).
Soewito, Yudhi. 2013. Kualitas Produk, Merek dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio. Jurnal Ekonomi. Vol.1, No.3 Juni 2013.
Sinaga, R. E. M., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh youtube beauty vlogger terhadap minat beli konsumen dan dampaknya terhadap keputusan pembelian produk (studi pada pengguna kosmetik maybelline di indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 63(1), 187-196.
Sindunata, I., & Wahyudi, B. A. (2018). Pengaruh e-WOM (Electronic-Word-of-Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian di Agoda. com. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 6(1).
Tranggono, R.I.S dan Latifah, F. (2007). Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Halaman 100-101.
Weenas, J. R. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).
Walukow, A. L. P., & Mananeke, L. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan Pembelian konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).
Widodo, W., dan Sumarsih, S. (2007). Jarak Kepyar Tanaman Penghasil Minyak Kastor Untuk Berbagai Industri. Yogyakarta: Kanisius. Halaman 142.
Wasitaatmadja, S.M. (1997). Penuntun Ilmu Kosmetik Medik. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press). Halaman 36.
Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11-18.
Yola. (2013). Proses Pembuatan Lipstik. Diunduh dari https://www.scribd.com/olla_yola.pada tanggal 28 Agustus 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.