Pengaruh Economic Value Added (EVA), Earning Per Share (EPS), Dividend Per Share (DPS), dan Volume Perdagangan terhadap Harga Saham Sektor Perdagangan, Jasa & Investasi

Rino B1021161067 Rivaldo

Abstract


ABSTRAK

 

Harga saham dapat mengalami fluktuatif setiap waktu dan dapat dipengaruhi berbagai faktor. Harga saham merupakan informasi penting bagi investor pada saat melakukan analisis teknikal saham untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli saham. Informasi paling penting adalah harga saham itu sendiri yang menjadi informasi dasar dan sederhana. Selain itu harga saham juga dapat dijadikan sebagai cerminan nilai perusahaan dan jaminan bahwa perusahaan terkait layak untuk dibeli sahamnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Economic Value Added (EVA), Earning Per Share (EPS), Dividend Per Share (DPS), dan Volume Perdagangan terhadap Harga Saham.

Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh perusahaan yang bergerak pada sektor perdagangan, jasa & investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun observasi 2016-2019. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling dan diperoleh 50 perusahaan yang terdiri dari EVA, EPS, DPS, dan Volume Perdagangan sebagai variabel independen serta Harga Saham sebagai variabel dependen. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data panel dengan pendekatan model fixed effect dengan taraf signifikansi 5%. Uji asumsi klasik yang digunakan yaitu Uji Multikolinearitas dan Uji Heteroskedastisitas dengan hasil tidak ada permasalahan data yang ditemukan dalam uji asumsi klasik.

Hasil penelitian menunjukan secara parsial EVA dan Volume Perdagangan tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, sedangkan EPS dan DPS masing-masing berpengaruh positif signifikan dan negatif signifikan terhadap Harga Saham. EVA, EPS, DPS, dan Volume Perdagangan secara simultan berpengaruh terhadap Harga Saham dengan pengaruh 90,4445% sedangkan sisanya 9,5555% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Analisis data dibantu menggunakan software EViews 10.

 

Kata Kunci : EVA, EPS, DPS, Volume Perdagangan, Harga Saham


 

DAFTAR PUSTAKA

 

Badan Pengawas Pasar Modal. (2003). Panduan Investasi di Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Badan Pengawas Pasar Modal.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2001). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi Kedelapan, Buku 2. Jakarta: Erlangga.

Budiyarno, A. T. (2019). Pengaruh Dividend Per Share (DPS), Earning Per Share (EPS), dan Price Earning Ratio (PER) Terhadap Harga Saham Syariah : Studi Kasus Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2015-2017. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.

Darmadji, T., & Fakhruddin. (2001). Pasar Modal di Indonesia Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta: Salemba Empat.

Dzulqodah, M., & Suaidah, Y. M. (2016). Pengaruh Earning Per Share dan Price Earning Ratio Terhadap Debt To Equity Ratio dan Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia. EKSIS: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 11 (1), 102-123.

Endri. (2005). Analisis Pengaruh EVA Terhadap MVA Pada 10 Perusahaan Go Public yang Sahamnya Tergolong Blue Chips di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Media Ekonomi, 11 (2), 155-170.

Fahmi, I. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta.

Gujarati, N. D. & Porter, D. O. (2012). Dasar-dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.

Hadi, N. (2015). Pasar Modal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hadianto, B., & Ronny, R. (2007). Pengaruh Volume Perdagangan, EPS dan PER Terhadap Harga Saham Sektor Pertambangan Pada Periode 2000-2005 di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Manajemen Maranatha, 7 (1), 1-17.

Handani, E. (2012). Analisis Pengaruh Stock Split Terhadap Likuiditas Saham Dilihat dari Volume Perdagangan Saham di Bursa Efek Jakarta. Skripsi, Universitas Sebelas Maret, Indonesia.

Haque, R., Islam, S., & Islam, N. (2013). Has Economic Value Added an Impact on Market Price of Shares?. International Journal of Management (IJM), 4 (3), 145-150.

Hartono, J. (2017). Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Kesebelas. Yogyakarta: BPFE.

Hikmawati, F. (2017). Metode Penelitian. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Husnan, S. (1996). Dasar-Dasar Teori Portofolio : Analisis Sekuritas di Pasar Modal,Edisi 2. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.

Karmita, E. (2015). Pengaruh Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Volume Perdagangan Saham Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia.

Karpoff, J. M. (1987). The Relation between Price Changes and Trading Volume: A Survey. Journal of Financial and Quantitative Analysis, 22, 109-126.

Kasmir. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi Revisi 2008. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kemala, D. (2017). Pengaruh Economic Value Added Terhadap Harga Saham Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2010-2014. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4 (1), 1-11.

Keown, A. J., Martin, J. D., Petty, J. W., & Scott, D. F. (2010). Manajemen Keuangan: Prinsip dan Penerapan, Edisi Kesepuluh, Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.

Manurung, A. H. (2006). Cara Menilai Perusahaan. Jakarta: PT. Eka Media Komputindo.

Munawir, S. 2002. Analisis Laporan Keuangan, Edisi 2. Yogyakarta: Liberty.

Munawir, S. 2012. Analisis Informasi Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Muslich, M. 2000. Manajemen Keuangan Modern. Jakarta: Bumi Aksara.

Noviasari, R. (2013). Pengaruh Dividend Per Share (DPS) dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia.

Poela, D. S. (2016). Pengaruh Volume Penjualan Saham dan Tingkat Suku Bunga SBI Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Skripsi, Universitas Komputer Indonesia, Indonesia.

Prasetyo, P. E. (2009). Fundamental Makro Ekonomi. Yogyakarta: Beta Offset.

Rudianto. (2006). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Manajemen. Jakarta: Gramedia.

Sabri, N. R. (2008). The Impact of Trading Volume On Stock Price Volatility In The Arab Economy. Journal of Derivatives & Hedge Funds, 14, 285-298.

Sartono, A. (2001). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi keempat. Yogyakarta: BPFE.

Subekti, I. (2000). Asosiasi Set Kesempatan Investasi dengan Kebijakan Pendanaan dan Dividen Perusahaan Serta Implikasinya Pada Harga Saham. Tesis, Universitas Gajah Mada, Indonesia.

Sudana, M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan, Teori & Praktek. Jakarta: Erlangga.

Sudirman. (2015). Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Gorontalo: Sultan Amai Press.

Sugeng, B. (2017). Manajemen Keuangan Fundamental. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Edisi 2. Bandung: Alfabeta.

Tandelilin, E. (2002). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio, Edisi 3. Yogyakarta: BPFE.

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: KANISIUS.

Tika, M. P. (2006). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tunggal, A. W. (2001). Memahami Konsep Economic Vale Added (EVA) dan Value Based Management (VBM). Jakarta: Harvarindo.

Van Horne, J. C., & Wachowicz, J. M. (2007). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Edisi 12, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Velankar, N., Chandani, A., & Ahuja, A. K. (2017). Impact of EPS and DPS On Stock Price: A Study of Selected Public Sector Banks of India. Prestige International Journal of Management & IT-Sanchayan, 6(1), 111-121.

Wijaya, D. (2017). Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapannya. Jakarta: PT Grasindo.

www.idx.co.id

www.finance.yahoo.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.