PENGARUH FILANTROPI (MUDIK GRATIS) TERHADAP NIAT MEMBELI KONSUMEN PRODUK SIDOMUNCUL DI KOTA PONTIANAK

Safitri Indah Purnama Sari B31108017

Abstract


Persaingan bisnis yang semakin ketat merupakan sebuah tantangan besar bagi sebuah perusahaan. Sebagai perusahaan yang sudah cukup lama berdiri PT. Sidomuncul harus bisa mempertahankan citra dan eksistensi produknya ditengah masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan PT. Sidomuncul adalah melakukan CSR. Salah satu CSR yang dilakukan PT. Sidomuncul adalah program Mudik Gratis Bersama Sidomuncul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah program filantropi Mudik Gratis yang di adakan PT. Sidomuncul berpengaruh signifikan terhadap niat membeli produk Sidomuncul di kota Pontianak. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana, yang diolah dengan program SPSS 17.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel filantropi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat membeli. Variabel filantropi memiliki pengaruh paling besar yaitu sebesar 0,688. Nilai Adjuste R Square yang diperoleh adalah sebesar 0,473 (47,3%), yang berarti bahwa sebesar 47,3% variabel niat membeli dipengaruhi oleh filantropi, Dimana sisanya 52,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Kata kunci : filantropi, dan niat membeli.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.