ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI ULANG (Studi Pada Pengguna Aplikasi TIX ID di Kota Metropolitan dan Non Metropolitan)

RIKA FAJARAY B1021161035 Admin

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan bukti empiris tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli ulang (Studi pada pengguna aplikasi TIX ID di kota metropolitan dan non metropolitan). Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Populasi adalah pembeli tiket bioskop pada aplikasi TIX ID. Sampel adalah pembeli tiket bioskop menggunakan aplikasi TIX ID yang berdomisili di kota metropolitan yang diwakili kota Jakarta dan di kota non metropolitan yang diwakili kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan analisis pengaruh (path analysis) dengan program SPSS 23. Jumlah sampel sebanyak 150 responden terdiri dari 75 responden yang berada di kota metropolitan (Kota Jakarta) dan 75 responden yang berada di kota non metropolitan (Kota Pontianak). Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji beda (T-Test), dan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan SPSS 23.

Hasil uji beda menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tanggapan pada dua kelompok sampel yakni kelompok responden di Kota Metropolitan dan kelompok responden di Kota Non Metropolitan terhadap tanggapan kemudahan penggunaan, diskon harga, kepercayaan dan minat beli ulang tiket bioskop melalui aplikasi TIX ID. Kelompok responden yang berada di Kota Metropolitan cenderung memberikan tanggapan yang lebih tinggi terhadap keempat variabel penelitian. Hasil uji pengaruh pada kelompok responden di Kota Metropolitan menunjukkan bahwa semua hipotesis yang ditunjukkan diterima. Kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, diskon harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Hasil uji pengaruh pada kelompok responden di Kota Non Metropolitan menunjukkan bahwa tiga hipotesis diterima, satu hipotesis ditolak. Kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, diskon harga tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang.

Kata kunci: Kemudahan Penggunaan, Diskon Harga, Kepercayaan, dan Minat Beli Ulang

Daftar Pustaka

Barnes, James G. (2003). Secrets of Customer Relationship Management. Diterjemahkan oleh Andreas Winardi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Bart, Y., Venkatesh, S., et al. (2005). Are The Drivers and Role of Online Trust the Same for All Web Sites and Consumers? A Large-Scale Exploratory Empirical Study. Journal of Marketing. Vol. 69.

Baskara, I.P., & Hariyadi, G.T. (2014). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Social Networking Websites). Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Benson., Kotler, P., & Kevin, K. (2007). Tentang Indikator Keragaman Produk.

Boyd., Harper, W., Orville, C., Walker., & Jean, C. L. (2000). Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jilid 2. Edisi Kedua. Ahli Bahasa : Imam Nurmawan. Jakarta: Erlangga.

Diza, F., Moniharapon, S., & Ogi, I. W. J. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen (studi pada PT fifgroup cabang manado). Jurnal EMBA. Vol 4(1), 109119.

Ferdinand, A. (2002). Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen: Aplikasi Model-model Rumit dalam Penelitian untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor. BP UNDIP.

Frenky, P., & Wilma, L. S. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen E-Commerce LAZADA. Surabaya: Universitas Kristen Petra. Jurnal AGORA. Vol. 7. No. 1.

Geffen, D., Elena, K., & Detmar W.S. (2003). Trust and TAM in online shopping: An Integrated Model. Jurnal MISQ. Vol. 27, No. 1, hlm. 51-90.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, I. (2000). Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Hartono, J. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Hellier, P. K., Geursen, G. M., Carr, R.A., & Rickard, J. A. (2003). Customer Repurchase Intention. A General Sturktural Equation Model. European Journal Of Marketing. Vol. 37 No. 11/12, pp. 1762-1800.

Herman, et al. (2013). Epidimiology of Stroke in Tilburg. The Netherland American: Heart Association.

Ika, N., & Kustini. (2011). Experiental Marketing, Emotional Branding, and Brand Trust and their Effect on Loyalty on Honda Motorcycle Product. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura. Vol. 14, No. 1, April 2011, pp. 19-28.

Irawan, H. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia.

Javadi, M. M. (2012). An analysis of factors affecting on online shopping behavior of consumers. Internasional Journal of Marketing Studies. Vol 4 (5), 81-82.

Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Erlangga.

Kigongo, N. J. (2011). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Behavioural Intention to Use and Actual System Usage in Centenary Bank. Makerere University Business School: Kamapala.

Kim, D. J., Ferrin, D. L., & Rao, H. R., (2003). Antecedents of Consumer Trust in B-to-C Electronic Commerce. Proceedings of Ninth Americas Conference on Information Systems. pp. 157-167.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi 12. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kurniawati, D. (2009). Studi Tentang Sikap Terhadap Merek Dan Implikasinya Pada Minat Beli Ulang.

Leninkumar, V. (2017). The relationship between customer satisfaction and customer trust on customer loyalty. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. Vol. 7 (4).

Mahardika, & Basuki. (2011). Factor Determining Acceptance Level of Internet Banking implementation. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 169.

Mayer, R.C., Davis, J. H., & Schoorman, F. D., (1995). An Integratif Model of Organizational Trust. Academy of Management Review. 30 (3): 709-734.

Norhermaya, Y. A., & Soesanto, H. (2016). Analisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap kepercayaan dan loyalitas pelanggan untuk meningkatkan minat beli ulang (studi pada online store lazada.co.id). Diponegoro Journal of Management. Vol. 5 (3), 113.

Nurhayati. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli ulang masyarakat terhadap produk handphone. Fakultas Ekonomi Muhamadiyah Semarang.

Parastanti, G. P., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2014). Pengaruh Prior Online Purchase Experience Terhadap Trust Dan Online Repurchase Intention. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 16 (1), hlm. 1-7.

Prasetyo, W. B. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Swalayan Luwes Purwodadi). Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 2, No. 3 tahun 2013.

Rahadi, D. R. (2007). Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Pelayanan Sektor Publik. Yogyakarta: Jurnal Amikom. ISSN: 1978 9777.

Raharjo, S. (2013). Belajar Praktek Analisis Multivariate dengan SPSS. Klaten: E-book di download dari htpp://www.konsistensi.com.

Rofiq, A. (2007). Pengaruh Dimensi Kepercayaan Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Comerce. Tesis. Malang: Universitas Brawijaya.

Sekaran, U. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Edisi 6 Jilid 2. Jakarta: Salemba Empat.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Thomas, B., & Tracy, M. (2014). Explanation Informmation and Source in Service Recoveryinitiatives. Journal of Service Marketing. Vol. 28 (4), hlm. 311318.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Edisi pertama. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Upamannyu, N. K., Gulati, C., Chack, A., & Kaur, G. (2015). The Effect of Customer Trust on Customer Loyalty and Repurchase Intention: The Moderating Influence of Perceived CSR. International Journal of Research in IT, Management and Engineering. Vol. 5 (4), hlm. 131.

Vekantesh, M. G., Moris G. B., Davis F. D., & Davis. (2003) User Acceptance of Information Technology:Toward Unfied View. MIS Quarterly, Vol.27, pp 425-478).

Widiyanto, B.P. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Swalayan Luwes Purwodadi). Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 2, No. 3 tahun 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.