ANALISIS PENGARUH NILAI FUNGSIONAL, SOSIAL DAN EMOSIONAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN DI PONTIANAK

Heriansyah B11108030

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh nilai fungsional, nilai sosial dan nilai emosional terhadap loyalitas pelanggan produk ramah lingkungan di Kota Pontianak. Banyaknya sampel yang diambil dalam penelitian adalah 100 orang penguna produk ramah lingkungan di kota pontianak. Penelitian ini menggunaakan metode survey serta menggunakan program SPSS 16.0 dalam pengujian validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedasitas, regresi linier berganda, serta pengujian secara simultan dan persial dalam menentukan hasil penelitian.

Berdasarkan uji F pengguna produk ramah lingkungan, nilai Fhitung jauh lebih besar dari Ftabel (16.431 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, dimana angka tersebut kurang dari 0,05) yang berarti bahwa variabel bebas nilai fungsional, sosial dan emosional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel terikat loyalitas. Berdasarkan uji parsial (uji t) yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel yang diteliti memiliki pengaruh secara parsial terhadap loyalitas adalah variabel nilai fungsional (X1) dan nilai sosial (X2),sementara variabel yang berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas adalah variabel nilai emosional (X3). Kata kunci: Nilai Fungsional, Nilai Sosial, Nilai Emosional dan Loyalitas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.