Analisis Kebijakan Pemasaran Pada Rumah Makan RIO 2 Pontianak

Wilhelmus B11106134

Abstract


Persaingan di dalam dunia usaha semakin ketat, persaingan yang lebih ketat akan dirasakan oleh produsen / perusahaan yang menghasilkan dan menjual barang atau jasa yang sejenis. Setiap perusahaan yang didirikan mempunyai tujuan dan sasaran yang akan dicapai. Agar perusahaan dapat mencapai tujuan dan sasaran yang akan diinginkan, maka suatu perusahaan harus melihat pangsa pasar dan dapat menerapkan strategi yang tepat dalam merebut minat konsumen yang memiliki persepsi berbeda antara konsumen yang satu dengan yang lainnya. Sebagai salah satu jenis usaha yang menggeluti jenis usaha rumah makan di Pontianak, Rumah Makan RIO 2 yang berlokasi di Jl. Merdeka Pontianak juga memiliki target pasar, yaitu masyarakat pada lokasi perkantoran setempat serta masyarakat umum yang hendak menikmati santapan ataupun hiburan Rumah Makan RIO 2. Perusahaan ini harus memiliki kesigapan untuk menghadapi persaingan dimasa yang akan datang, mengingat menjamurnya jenis usaha yang sama pada letak yang tidak jauh berbeda.

Penelitian dalam rangka penulisan ini berjudul Analisis Kebijakan Pemasaran Pada Rumah Makan RIO 2 Pontianak . Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Kebijakan Pemasaran Pada Rumah Makan RIO 2 Pontianak.Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan kuesioner, yaitu data yang telah terkumpul dikelompokkan menurut kriteria yang telah ditentukan, dijumlah dan dipresentasekan, kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan.Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan pengunjung Rumah Makan RIO 2 Pontianak.

Kebijakan pemasaran yang diterapkan mencakup kebijakan produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik.Kebijakan produk dengan menyediakan makanan dan minuman berdasarkan permintaan konsumen.Kebijakan harga adalah dengan menetapkan harga yang telah ditentukan perusahaan.Kebijakan tempat adalah lokasi yang strategis. Kebijakan promosi adalah melalui papan nama dan nama baik perusahaan. Kebijakan orang yaitu menyediakan tenaga kerja atau karyawan yang mampu memberikan pelayanan yang baik. Kebijakan proses yaitu memproses permintaan konsumen dengan cepat / kebijakan bukti fisik yaitu dengan menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai. Tanggapan yang diberikan oleh responden yang merupakan pelanggan Rumah Makan RIO 2 Pontianak sudah menggambarkan bahwa kebijakan bauran pemasaran yang diterapkan sudah cukup baik. Faktor yang masih mendapat tanggapan kurang baik adalah kurangnya kelengkapan atau keragaman makanan yang ada.

Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan penambahan menu makanan dan lebih meningkatkan kualitas.Dengan variabel bauran pemasaran yang sangat mempengaruhi konsumen adalah kualitas, harga dan lokasi.Oleh karena itu penggunaan marketing mix masih tetap harus digunakan.

Kata Kunci : Marketing Mix

Refbacks

  • There are currently no refbacks.