PENGARUH SUBJECTIVE NORM DAN PERCEIVED BEHAVIOR CONTROL TERHADAP ENTREPRENEURIAL INTENTION DENGAN BUSINESS PLAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FEB UNTAN)

Agus Harianto B1021151086

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh subjective norm dan perceived behavior control terhadap entrepreneurial intention dengan business plan sebagai variabel intervening. Penelitian ini diangkat karena peneliti ingin melihat sejauh mana pengaruh business plan yang sering dibuat oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura baik untuk pemenuhan tugas matakuliah ataupun untuk program kreativitas mahasiswa berbasis kewirausahaan memicu mahasiswa untuk memiliki niat berwirausaha dengan mengimplementasikan business plan yang mereka buat. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa manajemen angkatan 2016 dan 2017 dengan jumlah sampel sebanyak 74 orang yang menggunakan teknik penarikan sampel non-probability sampling dan model analisis data data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).
Kata kunci : subjective norm, PBC, business plan, entrepreneurial intention.

 

Daftar Pustaka
Abrorry, L., & Sukamto, D. (2013). Hubungan Psychological Capital Dengan Entrepreneuralal Intention Siswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 04(01), 61–69.
Achmat Zakarija. (2015). Theory of Planned Behavior, Masihkan Relevan? Academiaedu, 1–26. Retrieved from https://www.academia.edu/6121811/Theory_Of_Planned_Behavior_Masihkah_Relevan
Ajzen, I. (2008). Attitudes and Attitude Change. Psychology Press. WD Cranoeds.
Ajzen, I., & Fishbein, M. (1991). The Theory of Planned Behavior. Journal of Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179–211.
Azwar, (2003). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Abrorry, L., & Sukamto, D. (2013). Hubungan Psychological Capital Dengan Entrepreneuralal Intention Siswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 04(01), 61–69.
Achmat Zakarija. (2015). Theory of Planned Behavior, Masihkan Relevan? Academiaedu, 1–26. Retrieved from https://www.academia.edu/6121811/Theory_Of_Planned_Behavior_Masihkah_Relevan
Ajzen, I. (2008). Attitudes and Attitude Change. Psychology Press. WD Cranoeds.
Ajzen, I., & Fishbein, M. (1991). The Theory of Planned Behavior. Journal of Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179–211.
Azwar, (2003). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar, B. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Studi Terhadap Mahasiswa Universitas Islam Negeri SUSKA Riau. Jurnal Menara, 12(1), 12–22.
BPS. (2018). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2018. In Badan Pusat Statistik. https://doi.org/No. 74/11/35/Th.XVI, 5 November 2018
Bygrave, W. D., & Zachari, A. (2014). Entrepreneurship 3rd Edition (3rd ed.). new jersey: Wiley.
Christina Whidya Utami1. (2017). Attitude, Subjective Norms, Perceived behavior, Entrepreneurship education and Self-efficacy toward entrepreneurial intention University student in Indonesia. European Research Studies Journal, 20(2A), 475–495.
Coulthard, M., Howell, A., & Clark., G. (1999). Business Planning: The Key to Success. Australia: Macmillan Education: Australia.
Crus, L. D., Suprapti, W., & Yasa, N. (2015). Aplikasi Theory of Planned Behavior Dalam Membangkitkan Niat Berwirausaha Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unpaz, Dili Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12, 895–920.
Darmawan, I. M. Y., & Warmika, I. G. K. (2016). Pengaruh Norma Subjektif , Personal Attitude , Perceived Behavior Control , Dan Aspek Psikologis Terhadap Minat Wirausaha ( Entrepreneurial Intention ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Masalah-masalah ekonomi yang dialami. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(7), 4660–4689.
Depdiknas. (2003). Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning - CTL). jakarta.
Dharmmesta. (2005). Kontribusi Involvement dan Trust In A Brand dalam Membangun Loyalitas Pelanggan. Journal of Indonesian Economy and Business, 20(3).
Endi Sarwoko. 2011. Kajian Empiris Entrepreneurial Intention Mahasiswa. Universitas Kanjuruhan Malang, Malang. 16(2), 126-135.
Ferreira, J. J., Raposo, M. L., Rodrigues, R. G., Dinis, A., & Paço, A. do. (2012). A model of entrepreneurial intention: An application of the psychological and behavioral approaches. Journal Of Small Business And Enterprise Development, 19(3), 424–440.
Gaddam, S. (2008). Identifying the Relationship Between Behavioral Motives and Entrepreneurial Intentions: An Empirical Study Based Participations of Business Management Students. Journal of Management Research, 7, 5–35.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2012). Dasar–dasar Ekonometrika. jakarta: salemba empat.
Hadi, Sutrisno. 1991. Analisis Butir untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai. Yogyakarta: FP UGM.
Handoko, H. T. (2009). Manajemen Cetakan Keduapuluh (2nd ed.). Yogyakarta: BPFE.
Hartono, J. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.
Hisrich, R. D., & Peters, M. P. (2008). kewirauhasaan edisi 7 (7th ed.). jakarta: salemba empat.
Ilmiah, F. M. (2018). jumlah mahasiswa yang membuat dan mendapatkan pendanaan PKM. pontianak.
Indarti, N., & Rostiani, R. (2008). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan Antara Indonesia, Jepang Dan Norwegia. Journal of Indonesian Economy and Business, 23(4), 369–384.
Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz. (2004). Kewirausahaan. Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.
Megginson, W. (2000). Smalll Business Management: An Entrepreneur Handbook. new york: McGraw-Hill.
Meredith, G., & Dkk. (2000). Kewirausahaan Teori dan Praktek. jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.
Mirawati, N. M., Wardana, I. M., & Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan Persepsi Kontrol Keperilakuan, Terhadap Niat Siswa Smk Di Kota Denpasar Untuk Menjadi Wirausaha. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 5.7 (2016): 1981-2010, 7(5), 1981–2010.
Munandar. (2014). Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif terhadap Niat Menggunakan Produk Perbankan Syariah Pada Bank Aceh Syariah di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 3(2).
Nursito, S., & Nugroho, A. J. (2013). Analisis pengaruh interaksi pengetahuan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap intensi kewirausahaan. Kiat Bisnis.
Ramayah, & Harun. (2005). Entrepreneurial Intention Among the Student of Universiti Sains Malaysia (USM). International Journal of Management and Entrepreneurship, 1, 8–20.

Ratnasari, E., Hakim, A., & Hayat, A. (2013). Implementasi Program Mahasiswa Wirausaha (Pmw) Dalam Mewujudkan Mahasiswa Enterpreneur (Studi pada Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(6), 1276–1285.
Safitri, T. A. (2010). Menumbuhkan Minat Kewirausahaan melalui Pembuatan Business Plan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, V(2), 180–196.
Santoso, S. (2012). Statistik Parametik. jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Simamora, Hendry. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ekonomi YKPN. Jogjakarta
Smith, & McSweeney. (2007). Charitable Giving: The Effectiveness of A Revised Theory of Planned Behaviour Model in Predicting Donating Intentions and Behaviour. Journal Of Community & Applied Social Psychology.
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian. bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. bandung: Alfabeta.
Sumanto. (2014). Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta : CAPS (Center Of Academic Publishing Service)
Triastity, R., & Sumarno Dwi Saputro. (2013). Pengaruh Sikap dan Norma Subyektif Terhadap Niat Beli Mahasiswa Sebagai Konsumen Potensial Produk Pasta Gigi Pepsodent. Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta.
Tung, L. C. (2011). The Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention of Engineering Students. Run Run Show Library.
Widayoko, A. (2016). Pengaruh Efikasi Diri, Norma Subyektif, Sikap Berperilaku, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Wolf, S. (2015). Controllers as Business partners in managerial decision making : Attitude, subjective norm, and internal improvements. Journal of Accounting & Organizational Change, 11(1), 24–46. Retrieved from http://www.emeraldinsight.com


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.