ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PC TABLET SAMSUNG GALAXY TAB 2 7.0 P3100 DI KOTA PONTIANAK
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya PC Tablet yang ada di pasaran. Salah satunya adalah PC Tablet Samsung Galaxy Tab 2 7.0 P3100 yang merupakan Galaxy Tab terlaris di Kota Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi konsumen dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian PC Tablet Samsung Galaxy Tab 2 7.0 P3100 di Kota Pontianak. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, yang diolah dengan program SPSS 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi konsumen dan persepsi kualitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel motivasi konsumen memiliki pengaruh paling besar dibandingkan variabel persepsi kualitas, yaitu sebesar 0,686, sedangkan variabel persepsi kualitas sebesar 0,408. Nilai Adjuste R Square yang diperolah adalah sebesar 0,481 (48,1%), yang berarti bahwa sebesar 48,1% variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel motivasi konsumen dan persepsi kualitas, dimana sisanya 51,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
Kata kunci: Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, dan Keputusan Pembelian.Refbacks
- There are currently no refbacks.