Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berlangganan Indovision Di Pontianak

Candra Agasta B31109001

Abstract


Penelitian ini berjudul Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berlangganan Indovision Di Pontianak". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi marketing mix seperti produk, harga, promosi dan tempat baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan berlangganan indovision.

Metode penelitian ini menggunakan metode survey. Alat pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Populasi sebanyak 8.192 orang konsumen Indovision. Adapun jumlah sample sebanyak 100 orang. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan alat analisis Regresi Linier Multiple SPSS 16.0, dengan F test dan t test untuk menguji variabel independent terhadap variabel dependen. Tingkat signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 0.05.

Berdasarkan hasil regresi, diperoleh bahwa : Koefisien determinasi (R2) sebesar 0.655 artinya : kontribusi keputusan berlangganan indovision di Pontianak, sebesar 0.655 atau 65,5% dipengaruhi oleh produk, harga, promosi dan tempat sedangkan sisanya 34,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Hasil analisis menemukan bahwa produk, harga, promosi dan tempat, secara simultan (bersama-sama) memiliki hubungan yang kuat dan positif terhadap keputusan berlangganan indovision di Pontianak, dengan nilai signifikansi kurang dari 0.05 yaitu 0.000 dan nilai Fhitung > Ftabel 19.864 > 2,699 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.

Secara parsial variabel X1, X2, X3 dan X4 karena nilai signifikansinya kurang dari 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa variabel X1, X2, X3 dan X4 berpengaruh secara individu (parsial) terhadap terhadap variabel Y. Besarnya kekuatan pengaruh variabel di atas terhadap keputusan berlangganan indovision di Pontianak, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh : Produk dengan nilai t test sebesar 8.578, nilai signifikansinya 0.000, Harga dengan nilai t test sebesar 3.995, nilai signifikansinya 0.022, Promosi dengan nilai t test sebesar 2.838, nilai signifikansinya 0.034, Tempat dengan nilai t test sebesar 1.722, nilai signifikansinya 0.048

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Keputusan Berlangganan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.