ANALISIS KEBIJAKSANAAN PEMASARAN PRODUK AIR CONDITIONER PADA PT. PANASONIC GOBEL INDONESIA CABANG PONTIANAK

Agus Fitrianto B31105041

Abstract


Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menguasai pangsa pasar yang sudah ada. Pemasaran merupakan suatu siklus yang bermula dan berakhir dengan kebutuhan konsumen. Jika perusahaan menginginkan usahanya tetap berjalan lancar maka kegiatan pemasaran harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen. Berbagai strategi harus diterapkan agar dapat memberikan kesan dan kepuasan tersendiri kepada konsumen terhadap produk yang dipasarkan. Karena itu, kemauan untuk mengungguli kemampuan pesaing adalah sikap yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Perusahaan tersebut mau tidak mau harus bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Setiap perusahaan harus berusaha meningkatkan volume penjualan produknya sebanyak mungkin karena volume penjualan yang tinggi merupakan salah satu indikator bahwa perusahaan yang bersangkutan berhasil dalam mencapai tujuan perusahaan hal tersebutlah yang di lakukan oleh PT. Panasonic Gobel Cabang Pontianak dalam upaya memasarkan Produk Air Conditioner Panasonic di wilayah Kalimantan Barat

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijaksanaan pemasaran Produk Air Conditioner Panasonic yang telah dilaksanakan oleh PT. Panasonic Gobel Indonesia Cabang Pontianak selama ini Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan cara menggambarkan situasi dan kondisi yang diteliti pada masa kini dengan berdasarkan fakta - fakta, data - data dan gejalagejala atau fenomena yang ada.

Data Subyek penelitian ini adalah masyarakat yang melakukan transaksi pembelian Produk Air Conditioner pada dealer / pengecer yang di kota Pontianak yang berjumlah 50 (lima puluh orang) orang. Dari hasil analisis diperoleh hasil sebesar 4,23% dan dikategorikan Sangat Baik, walaupun ada beberapa indikator yang mas perlu ditingkatkan diantaranya adalah Tanggapan responden terhadap iklan produk AC Panasonic yang ada di media elektronik maupun media cetak dan Kemasan dari produk AC karena dengan peningkatan dalam pelayanan pemasaran kepada konsumen akan dapat meningkatkan laba/ profit serta membangun citra perusahaan lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada konsumen

Kata Kunci : Kebijakan Pemasaran


Refbacks

  • There are currently no refbacks.