ANALISIS PENGARUH LIFESTYLE DAN KELAS SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAMSUNG GALAXY S3 PADA ERAFONE CABANG PONTIANAK

WENDY B31109081

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor perilaku konsumen yang memiliki pengaruh dalam proses mengambil keputusan pembelian seseorang dalam membeli handphone Samsung Galaxy S3 pada Erafone cabang Pontianak, dimana peneliti mempersempit kajian perilaku konsumen yang diteliti hanya pada variabel seperti lifestyle dan kelas sosial. Objek penelitian ini adalah konsumen Erafone yang berada pada wilayah kota Pontianak.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pengambilan sampel menggunakan metode purpose sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuisioner. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan teknik analisis linear berganda.

Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah bahwa kedua variabel tersebut baik secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian handphone Samsung Galaxy S3, sehingga hipotesis ketiga di terima. Selanjutnya dari kedua variabel, secara parsial variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian handphone Samsung Galaxy S3 di Erafone cabang Pontianak adalah variabel kelas sosial, hal ini ditunjukkan oleh koefisien regresi yang lebih besar dibandingkan dengan koefisien variabel lifestyle,namun hipotesis pertama dan kedua tetap di terima.

Kata Kunci : Lifestyle, Kelas sosial, dan Keputusan pembelian

Refbacks

  • There are currently no refbacks.